In-depth

Rekap Tenis Indonesia di Asian Games 2022: Aldila/Christo Gagal Pertahankan Emas

Jumat, 29 September 2023 09:03 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Tennis Indonesia/Dwi Ari Setyadi
Aldila Sutjiadi dan Christopher Rungkat gagal mempertahankan gelar di Asian Games 2022. Foto: Tennis Indonesia/Dwi Ari Setyadi. Copyright: © Tennis Indonesia/Dwi Ari Setyadi
Aldila Sutjiadi dan Christopher Rungkat gagal mempertahankan gelar di Asian Games 2022. Foto: Tennis Indonesia/Dwi Ari Setyadi.

INDOSPORT.COM - Tim tenis Indonesia di Asian Games 2022 (2023) membawa pulang medali perunggu meski Aldila Sutjiadi dan Christopher Rungkat gagal mempertahankan gelarnya.

Tenis lapangan menjadi salah satu cabor yang dipertandingkan di Asian Games edisi kali ini di Hangzhou, China.

Tim Indonesia sendiri mengirim atlet-atlet terbaiknya untuk berburu medali, termasuk Aldila Sutjiadi dan Christopher Rungkat.

Perjuangan tim tenis Indonesia di Asian Games 2022 dimulai sejak 24 September lalu dan dalam perjalanannya kini telah menghasilkan satu keping medali.

Medali perunggu disumbangkan pasangan women’s doubles, Aldila Sutjiadi/Jenice Tjen, yang bertarung di semifinal menghadapi wakil Taiwan.

Langkah Aldila/Jenice terhenti di empat besar usai ditumbangkan Chan Hao-ching/Chan Yung-jan di laga yang digelar di Hangzhou Olympic Centre, Kamis (28/09/23).

Aldila/Jenice kalah dengan skor 2-6, 2-6 namun meraih medali untuk pertama kalinya di sektor ganda putri sejak tahun 2002 silam.

Setelah pertandingan, Aldila Sutjiadi mengaku sudah berjuang semaksimal mungkin bersama Jenice Tjen, tapi kubu lawan memang terlalu kuat untuk dikalahkan.

Selain itu, mereka adalah pemain yang sudah berpengalaman di ajang Grand Slam.

Meski begitu, Aldila beserta tim akan menjadikan hal ini pengalaman berharga dan bahan evaluasi ke depannya.

Di sisi lain, Jenice Tjen mengungkapkan kebahagiaannya bisa bermain di Asian Games untuk pertama kalinya dan mendapatkan medali.

Apalagi, bermain bersama Aldila diakuinya sebagai sebuah kehormatan. Ada banyak pengalaman yang bisa ia petik plus medali sebagai bonusnya.

“Pertama kali main di Asian Games, ini pengalaman berharga buat saya. Apalagi main sama Kak Dila, sebuah kehormatan,” ujarnya.

Aldila/Jenice meraih medali perunggu ganda putri Asian Games 2022 bersama wakil Korea Selatan, Back Da-yeon/Jeong Bo-young, yang juga kalah di semifinal.