In-depth

3 Ulah Ajaib Novak Djokovic yang Sempat Gegerkan Dunia

Sabtu, 30 September 2023 21:40 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Guglielmo Mangiapane
Petenis asal Serbia, Novak Djokovic. Foto: REUTERS/Guglielmo Mangiapane. Copyright: © REUTERS/Guglielmo Mangiapane
Petenis asal Serbia, Novak Djokovic. Foto: REUTERS/Guglielmo Mangiapane.

INDOSPORT.COM - Sebagai salah satu petenis papan atas dunia, Novak Djokovic, tentunya sudah cukup sering membuat kejutan yang dilihat seluruh dunia.

Entah itu tentang prestasi, kontroversi, atau hal-hal lain baik di dalam maupun luar lapangan, selalu cukup membuat publik membicarakan namanya.

Namun dari sekian hal yang sudah dilakukan peraih 23 Grand Slam tersebut, ada beberapa yang mungkin paling membuat orang-orang kaget.

Tiga momen ini contohnya. Apa saja?

Olimpiade Tokyo 2020

© REUTERS/Mike Segar
Novak Djokovic asal Serbia meninggalkan lapangan tenis setelah kalah dalam pertandingan semifinal melawan Alexander Zverev dari Jerman. Copyright: REUTERS/Mike SegarNovak Djokovic setelah kalah dari Alexander Zverev di Olimpiade Tokyo 2020.

Novak Djokovic menjadi petenis unggulan di sektor men’s singles yang digadang-gadang bisa membawa pulang medali emas dari Tokyo.

Apalagi, sepanjang 2021 (tahun digelarnya Olimpiade Tokyo), ia mencatatkan penampilan-penampilan apik dan sedang berada di tengah tren yang menanjak.

Ia adalah juara Australian Open, French Open, dan Wimbledon sebelum melangkah ke Olimpade Tokyo 2020.

Pada saat itu, publik pun menyanjungnya sebagai kandidat peraih Golden Slam menyusul Steffi Graf (1988).

Steffi Graf sendiri berhasil meraih empat Grand Slam dan medali emas Olimpiade saat berkompetisi pada musim tersebut.

Namun sayang, langkah Novak Djokovic harus pupus di semifinal men’s singles usai dikalahkan Alexander Zverev.

Tidak sampai di situ saja. Mimpi buruk Novak Djokovic ternyata berlanjut ke perebutan tempat ketiga alias peraih medali perunggu karena dihempas Pablo Carreno Busta.

Bahkan saking kecewanya, ia membuat publik terkaget-kaget karena melempar satu raket ke tribun kosong dan satu lagi ke arah net bergambarkan logo Olimpiade.

Kesempatannya untuk meraih Golden Slam menyusul Steffi Graf pupus sudah. Lalu setelahnya di US Open, ia takluk di final oleh Daniil Medvedev.