BWF Banjir Hujatan Pasang Bendera Terbalik di Sesi Penyerahan Medali Piala Suhandinata

Minggu, 1 Oktober 2023 13:00 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Yuhariyanto/Indosport.com
Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) dibanjiri kritik karena memajang bendera terbalik saat seremoni penyerahan medali Piala Suhandinata 2023. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/Indosport.com
Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) dibanjiri kritik karena memajang bendera terbalik saat seremoni penyerahan medali Piala Suhandinata 2023.

INDOSPORT.COM - Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) dibanjiri kritik karena memajang bendera terbalik saat seremoni penyerahan medali Piala Suhandinata 2023.

Berakhir sudah gelaran BWF World Junior Mixed Team Championships atau Piala Suhandinata. China memastikan sebagai juara setelah mengalahkan Indonesia 3-1 di babak final, Minggu (01/10/23).

Dengan demikian, tim bulutangkis China berhak mendapatkan medali emas sementara Alwi Farhan dan kawan-kawan harus puas dengan medali perak.

Chinese Taipei dan Malaysia mendampingi kedua negara tersebut di podium dengan masing-masing mengamankan medali perunggu usai jadi semifinalis.

Memasuki momen seremoni pengalungan medali, Badminton Lovers dari Malaysia dan Indonesia geger dengan penampakan bendera mereka terbalik.

Bendera China, Indonesia, Chinese Taipei, dan Malaysia dikibarkan bersama-sama dengan posisi berdiri sejajar.

Namun bendera Indonesia-lah paling jelas terbalik karena jika diputar sesuai aslinya malah seperti bendera Polandia.

“Ini adalah level pengibaran bendera di kejuaraan junior DUNIA. Ngomong-omong itu BUKAN bendera Malaysia, Ketidaktahuan untuk mengecek ulang sebelum upacara. Minta maaflah dan lakukan lebih baik BWF,” tulis sebuah akun Badminton Lovers dari Malaysia, @zhiyi****.

“Itu bendera Indonesia kebalik gak sih kalau lihat posisi bendera 3 negara lainnya???? Udah gak bener sih, hey netizen do your mejik pasang bendera aja kebalik,” tulis akun BL asal Indonesia, @stefanyv****.

“TUC2020 juga menggunakan layar untuk upacara bendera namun masih dapat dimaklumi karena masih dalam masa pandemi. WJC ini gagal, seharusnya tidak diadakan di wilayah Amerika sejak awal,” tambah akun tersebut.

“Maaf jika saya bertanya, jadi bagaimana bendera malaysia yang benar? Dan apa bedanya dengan bendera di foto?” akun @fdn**** menambahkan komentar.

“Bendera Indonesia juga kebalik.. Polandia berarti yg runner up nih..” tulis akun @inta****.