Update Race to Paris Usai Asian Games: Wakil Indonesia Meroket Kecuali Jojo

Selasa, 10 Oktober 2023 16:05 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Indra Citra Sena
© NOC Indonesia/Naif Al’As
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di Asian Games (Foto: NOC Indonesia / Naif Al'as) Copyright: © NOC Indonesia/Naif Al’As
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di Asian Games (Foto: NOC Indonesia / Naif Al'as)

INDOSPORT.COM - Update klasemen Race to Olimpiade Paris 2024 usai Asian Games 2022, hampir semua wakil Indonesia naik peringkat.

Asian Games 2022 telah usai digelar di Hangzhou akhir pekan lalu. Tim bulutangkis Indonesia pun telah menuntaskan perjuangan mereka.

Meski gagal membawa pulang satu pun medali, Indonesia beruntung masih dapat tambahan poin. Hal ini membuat sebagian besar dari mereka berhasil memperbaiki posisi dalam klasemen menuju Olimpiade 2024, alias Race to Paris.

Meroketnya ranking para pemain Indonesia juga menjadi hal wajar mengingat pebulutangkis dari Benua Eropa tak melakoni pertandingan, sehingga poinnya stagnan.

Namun, anomali dialami tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. Saat rekan-rekannya naik peringkat, peraih medali emas Asian Games 2018 ini justru melorot.

Dalam update klasemen Race to Paris yang dirilis Selasa (10/10/23) hari ini, Jonatan Christue turun 3 peringkat ke urutan 9.

Sementara itu, ganda putra agaknya masih akan menjadi nomor andalan Indonesia. Tercatat, ada empat pasangan Merah Putih yang bertengger di peringkat 16 besar dunia.

Mereka adalah Fajar Alfian/Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Berbanding terbalik dengan ganda putra, tunggal putri dan ganda campuran menjadi sektor "terlemah" Indonesia.

Sejauh ini, baru ada satu wakil di posisi top 16 tunggal putri dan ganda campuran, yakni Gregoria Mariska dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.