In-depth

Tak Dilirik PBSI, 3 Legenda Bulutangkis Indonesia yang Berjaya di Negeri Orang

Rabu, 11 Oktober 2023 12:08 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
© Nick Laham/Getty Images
Mengulas tiga legenda bulutangkis Indonesia yang berjaya melatih di negeri lain usai tak pernah dilirik oleh PP PBSI. Copyright: © Nick Laham/Getty Images
Mengulas tiga legenda bulutangkis Indonesia yang berjaya melatih di negeri lain usai tak pernah dilirik oleh PP PBSI.

INDOSPORT.COM – Mengulas tiga legenda bulutangkis Indonesia yang berjaya melatih di negeri lain usai tak pernah dilirik oleh PBSI.

Diketahui, PBSI saat ini tengah menuai sorotan usai disebut sebagai biang kerok kegagalan tim bulutangkis Indonesia di Asian Games 2022.

Kegagalan Indonesia di Asian Games 2022 sendiri juga bisa disebabkan berbagai faktor seperti pemain dan pelatih yang juga turut andil.

Di sisi lain, ada beberapa legenda bulutangkis Indonesia yang tak pernah dilirik PBSI namun berjaya membawa tim negara lain di pentas olahraga dunia.

Salah satunya adalah Tony Gunawan yang merupakan legenda ganda putra dan pernah berjaya melatih di Amerika Serikat dan Jepang.

Namun, selain Tony, ada beberapa legenda bulutangkis seperti Ardy B Wiranata dan Rony Agustinus yang berjaya melatih di negeri orang usai tak pernah dilirik PBSI. Berikut INDOSPORT merangkumnya.

Tony Gunawan

Diketahui, Tony Gunawan merupakan legenda ganda putra Indonesia yang pernah berpasangan dengan Candra Wijaya hingga Halim Haryanto.

Ketika berpasangan dengan Candra Wijaya, Tony berhasil menyabet medali emas di Olimpiade Sydney 2000 hingga medali emas Kejuaraan Dunia 2001.

Namun, usai meraih emas di Kejuaraan Dunia 2001, Tony Gunawan secara mengejutkan memutuskan untuk pindah kewarganegaraan dan menetap di Amerika Serikat.

Sempat membela Amerika Serikat dalam beberapa kejuaraan, pebulu tangkis berusia 48 tahun itu memutuskan untuk pensiun pada 2012.

Usai pensiun, Tony mulai melatih di Amerika Serikat di sebuah klub bulutangkis, Orange County Badminton Club pada 2021 lalu.

Di Amerika Serikat sendiri Tony menjadi sosok penting di balik kegemilangan ganda junior Francesca Corbett/Alison Lee meraih medali perak di Kejuaraan Dunia Junior.

Tak hanya itu, Tony juga menjadi sosok di balik kejayaan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi menjadi ganda putra papan atas dunia. Karena sebelumnya, ia pernah melatih di klub Jepang Tonami.