In-depth

Deretan Raja Bulutangkis Bernasib Tragis, Ada Kevin/Marcus dan Kento Momota

Kamis, 12 Oktober 2023 11:40 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Menilik deretan raja bulutangkis yang bernasib tragis, di mana ada Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Kento Momota. Copyright: © PBSI
Menilik deretan raja bulutangkis yang bernasib tragis, di mana ada Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Kento Momota.

INDOSPORT.COM – Menilik deretan raja bulutangkis yang bernasib tragis, di mana ada Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Kento Momota.

Seperti diketahui, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Kento Momota menjadi pebulu tangkis yang paling banyak mendapat sorotan.

Hal ini disebabkan karena performa mereka yang semakin merosot padahal pernah digdaya di posisi puncak ranking BWF dalam waktu yang lama.

Mereka bahkan sering disebut sebagai raja bulutangkis bernasib tragis karena saat ini sudah tertinggal dari pebulu tangkis lainnya hingga merosot di ranking BWF.

Oleh sebab itu, INDOSPORT merangkum beberapa raja bulutangkis bernasib tragis, di mana beberapa di antaranya adalah Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Kento Momota.

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon

Pasangan yang akrab dijuluki The Minions ini telah menorehkan beragam prestasi yang mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Salah satunya ketika menyabet medali emas Asian Games 2018, di mana kala itu Kevin/Marcus berhasil mengalahkan rekan senegara, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Tak hanya itu, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon juga menjadi pasangan ganda putra terlama yang nangkring di peringkat satu ranking BWF.

Tercatat, Kevin/Marcus berada di posisi puncak ranking BWF selama 259 pekan, terhitung sejak September 2017 hingga September 2022.

Pasangan kebanggaan Indonesia itu juga gemilang menyabet total 19 gelar dan 6 runners-up di Tur BWF, di antaranya All England, China Open hingga Indonesia Open.

Sayangnya, usai menyabet emas Asian Games 2018, Kevin/Marcus belum pernah naik podium tertinggi di main event seperti Olimpiade hingga Kejuaraan Dunia.

Tak hanya itu, Kevin/Marcus saat ini juga merosot di peringkat 22 dunia usai gagal total di beberapa turnamen. Salah satunya karena faktor cedera yang dialami Marcus Gideon.