In-depth

Bobby Setiabudi, Tunggal Putra Degradasi PBSI yang Pernah Taklukkan Juara Dunia

Rabu, 11 Oktober 2023 23:51 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© PBSI
Mengenal Bobby Setiabudi, tunggal putra degradasi PBSI yang pernah mengalahkan juara dunia 2023, Kunlavut Vitidsarn. Copyright: © PBSI
Mengenal Bobby Setiabudi, tunggal putra degradasi PBSI yang pernah mengalahkan juara dunia 2023, Kunlavut Vitidsarn.

INDOSPORT.COM – Mengenal Bobby Setiabudi, tunggal putra degradasi PBSI yang pernah mengalahkan juara dunia 2023, Kunlavut Vitidsarn.

Nama Bobby Setiabudi tentu tidak asing lagi di kalangan penggemar bulutangkis (Badminton Lovers) setelah menjadi pahlawan Indonesia di Piala Suhandinata 2019.

Kala itu, ia menjadi sosok penting di balik kemenangan tim junior Indonesia atas Thailand di semifinal Piala Suhandinata 2019.

Pebulu tangkis yang saat ini genap berusia 22 tahun itu sukses mengalahkan juara dunia 2023 yakni Kunlavut Vitidsarn dengan skor 6-21, 22-20, 21-16.

Dengan hasil ini, tim bulutangkis junior Indonesia berhak melaju ke final Piala Suhandinata 2019 usai mengalahkan Thailand dengan skor ketat 3-2.

Sebagai informasi, Kunlavut Vitidsarn sendiri namanya melambung usai merengkuh medali emas Kejuaraan Dunia 2023 setelah mengalahkan Kodai Naraoka di final.

Tentu, hasil yang cukup membanggakan dari Bobby yang pernah mengalahkan Kunlavut ketika masih berada di level junior di ajang Piala Suhandinata.

Sayangnya, kiprah Bobby tak semulus Kunlavut, di mana ia resmi hengkang dari PBSI pada Juli 2023 lalu dan tampil di Indonesia International Challenge sebagai pemain independen.

Di Indonesia International Challenge, Bobby turun bersama Ikhsan Leonardo Rumbay di bawah nama PB Djarum usai didegradasi PBSI.

Tentu, prestasi Bobby yang semakin menurun menjadi salah satu penyebab penakluk Kunlavut Vitidsarn itu angkat kaki dari Pelatnas Cipayung.

Tunggal putra peraih medali perunggu di SEA Games 2021 itu dinilai tertinggal jauh dari rekan seangkatannya yakni Christian Adinata.

Bagaimana tidak, Christian Adinata baru-baru ini membuat kejutan dengan menyabet medali emas SEA Games 2023 usai mengalahkan rekan senegara, Chico Aura Dwi Wardoyo.