In-depth

Kisah Mengenaskan Jawara Denmark Open Rival Rudy Hartono yang Tewas Bunuh Diri

Jumat, 13 Oktober 2023 12:50 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
© YONEX Scandinavia
Kisah mengenaskan juara Denmark Open yang juga rival Rudy Hartono yakni Svend Pri yang tewas karena bunuh diri. Copyright: © YONEX Scandinavia
Kisah mengenaskan juara Denmark Open yang juga rival Rudy Hartono yakni Svend Pri yang tewas karena bunuh diri.

INDOSPORT.COM – Kisah mengenaskan juara Denmark Open yang juga rival Rudy Hartono yakni Svend Pri yang tewas karena bunuh diri.

Turnamen bulutangkis level super 500 yakni Denmark Open 2023 akan kembali dihelat mulai 17 hingga 22 Oktober mendatang yang digelar di Odense.

Menariknya, di turnamen tersebut terdapat kisah miris peraih juara di sektor tunggal putra pada edisi 1969, 1972, 1974 dan 1976.

Ia adalah Svend Pri, tunggal putra Denmark yang berhasil menjuarai empat edisi Denmark Open dan juga merupakan mantan rival legenda bulutangkis Indonesia, Rudy Hartono.

Selain gemilang meraih juara di Denmark Open, Svend Pri juga berhasil meraih medali perak di Olimpiade Muenchen 1972 usai dikalahkan Rudy Hartono di final.

Meski cukup gemilang di beberapa turnamen bulutangkis, Svend Pri malah mengakhiri hidupnya sendiri pada 9 Juni 1983 kala usianya masih 37 tahun.

Peraih gelar juara All England 1966 itu tewas bunuh diri karena mengalami masalah rumah tangga dengan sang istri yang diketahui bernama Tofe.

Menurut pemberitaan beberapa waktu lalu, Svend terlibat pertikaian dengan sang istri dan sering mabuk-mabukan serta mengonsumsi obat-obatan terlarang.

Depresi akut menjadi penyebab mantan rival Rudy Hartono itu mengakhiri hidupnya. Tercatat, turnamen terakhir yang diikutinya adalah Dutch Open 1978.

Di sepanjang kariernya, Svend Pri mencatatkan prestasi yang cukup positif bersama di tiga sektor yakni tunggal putra, ganda putra serta ganda campuran.

Prestasi terbaiknya yakni di tunggal putra. Rival Rudy Hartono itu berhasil mengoleksi total 20 gelar juara termasuk All England hingga India Open.