Mundur dari Denmark Open 2023, Nasib Choi Sol-gyu/Kim Won-ho Dibongkar Dewan BWF

Selasa, 17 Oktober 2023 06:59 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Nasib Choi Sol-gyu/Kim Won-ho dibongkar oleh dewan BWF asal Indonesia Bambang Rudyanto usai putuskan mundur dari Denmark Open 2023. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Nasib Choi Sol-gyu/Kim Won-ho dibongkar oleh dewan BWF asal Indonesia Bambang Rudyanto usai putuskan mundur dari Denmark Open 2023.

INDOSPORT.COM - Nasib miris ganda putra Korea Selatan, Choi Sol-gyu/Kim Won-ho dibongkar oleh dewan BWF asal Indonesia Bambang Rudyanto usai putuskan mundur dari Denmark Open 2023.

Seperti diketahui, BWF akan menggelar turnamen BWF Super 750 Denmark Open 2023 di Odense pekan ini, mulai 17-22 Oktober mendatang.

Kabar buruk justru datang dari Korea Selatan, ganda putra Choi Sol-gyu/Kim Won-ho dan ganda putri Baek Ha-na/Lee So-hee menyusul An Se-young yang mundur karena cedera.

Baek Ha-na/Lee So-hee memutuskan mundur dari Denmark Open 2023 dan French Open (24/29 Oktober) karena cedera bahu yang dialami Baek Ha-na usai tampil di ajang olahraga nasional Korea.

Ada pun mundurnya Choi Sol-gyu/Kim Won-ho masih menjadi tanda tanya bagi sejumlah penggemar bulutangkis (Badminton Lovers) karena tidak ada informasi apa pun dari pihak Badminton Korea (BKA).

Choi Sol-gyu dan Kim Won-ho sejatinya berpasangan dengan partner berbeda. Mereka baru dipasangkan pada 2021 dan prestasinya cukup mengesankan seperti runner-up Indonesia Open 2022.

Ada pun, rival sengit Kevin Sanjaya/Marcus Gideon itu yang baru meraih medali perak nomor perorangan dan medali perunggu di nomor beregu Asian Games 2022 itu saat ini menempati ranking 13 BWF.

Tak pelak, Choi Sol-gyu/Kim Won-ho langsung menjadi viral. Banyak BL menyayangkan keputusan mundur mengingat Choi/Kim masih berpeluang besar menembus Olimpiade Paris.

Anehnya, BKA tampaknya sengaja mengesampingkan Choi/Kim dari beberapa turnamen BWF mendatang, seperti Denmark Open, French Open, Kumamoto Masters dan China Masters.

“Choi/Kim nih masih lanjut nggak sih? Gua baru inget mereka juga nggak terdaftar di China Masters 2023,” seorang BL @andrepradana27 mempertanyakan nasib Choi/Kim.

Pertanyaan Andre Pradana lantas dibalas oleh salah satu anggota dewan BWF, Bambang Rudyanto. Dia mengatakan Choi/Kim akan berpisah karena Choi Sol-gyu akan beralih sebagai pemain independen.

“Bakal pisah… Choi bakal independen,” demikian jawab Bambang Rudyanto.