In-depth

Kisah Memilukan Tim Bulutangkis Indonesia yang Jadi 'Tim Hore' di French Open 2022

Jumat, 20 Oktober 2023 12:08 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Mengenang kisah memilukan tim bulutangkis Indonesia yang hanya jadi penonton di French Open pada edisi 2022. Copyright: © PBSI
Mengenang kisah memilukan tim bulutangkis Indonesia yang hanya jadi penonton di French Open pada edisi 2022.

INDOSPORT.COM – Mengenang kisah memilukan tim bulutangkis Indonesia yang hanya menjadi penonton di French Open pada edisi 2022.

Turnamen bulutangkis level super 750 yakni French Open 2023 bakal kembali dihelat pada 24-29 Oktober mendatang di Arena Glanz, Prancis.

Indonesia sendiri menurunkan skuad terbaiknya untuk mencapai prestasi setinggi-tingginya di turnamen yang turut menjadi ajang kualifikasi Olimpiade Paris 2024 itu.

Namun, sebelum menyongsong French Open 2023, tim Indonesia ternyata punyak kisah memilukan pada edisi sebelumnya yakni 2022.

Indonesia yang diperkuat Kevin Sanjaya/Marcus Gideon hingga Fajar Alfian/Rian Ardianto kala itu hancur lebur dengan nol wakil di babak final.

Padahal kala itu Indonesia menurunkan pemain terbaiknya. Namun, langkah wakil Merah Putih paling jauh melaju hanya sampai babak semifinal.

Yakni Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di sektor ganda campuran yang melaju ke semifinal namun harus dihentikan wakil Belanda, Robin Tabeling/Selena Piek.

Sementara itu, di sektor ganda putra ada Kevin Sanjaya/Marcus Gideon yang berstatus sebagai unggulan kedua yang secara mengejutkan terhenti di 32 besar.

Pasangan berjuluk The Minions itu harus mengakui keunggulan pasangan Chinese Taipei, Lu Ching Yao/Yang Po Han dalam rubber game ketat dengan skor 15-21, 21-15, 17-21.

Begitu pula dengan Fajar Alfian/Rian Ardianto yang berstatus sebagai unggulan kelima harus terhenti langkahnya di 16 besar usai dikalahkan Ben Lane/Sean Vendy.

Sementara di sektor tunggal putra ada Anthony Ginting yang berstatus sebagai unggulan keenam juga terhenti langkahnya di babak 32 besar usai kalah dari Sameer Verma.

Jonatan Christie yang menjadi unggulan kedelapan tampil cukup baik dengan melaju hingga perempat final French Open 2022 meski pada akhirnya harus kalah dari Kodai Naraoka.