In-depth

Frengky Wijaya Putra, Bintang Terpinggirkan PBSI yang Makin Bersinar Bela Australia

Sabtu, 21 Oktober 2023 12:23 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
© badminton.ina
Mengenal Frengky Wijaya Putra, pemain ganda putra terpinggirkan PBSI yang makin bersinar kariernya usai membela Australia. Copyright: © badminton.ina
Mengenal Frengky Wijaya Putra, pemain ganda putra terpinggirkan PBSI yang makin bersinar kariernya usai membela Australia.

INDOSPORT.COM – Mengenal Frengky Wijaya Putra, pemain ganda putra terpinggirkan PBSI yang makin bersinar kariernya usai membela Australia.

Frengky Wijaya Putra mungkin namanya masih terdengar asing di telinga penggemar bulutangkis Indonesia. Namun, ia rupanya pernah menjadi bagian dari PBSI.

Frengky tercatat sebagai anggota PBSI yang 2016 namun resmi terdegradasi pada 2019 lalu berbarengan dengan Berry Angriawan hingga Rizki Amelia Pradipta.

Pebulutangkis jebolan PB Exist itu tercatat pernah berpasangan dengan Bagas Maulana, Rian Agung Saputro hingga Sabar Karyaman Gutama.

Namun, kariernya gemilang ketika berpasangan dengan Sabar Karyaman Gutama dengan mencapai peringkat tertinggi di ranking BWF yakni di posisi 44.

Selama masih berada di bawah naungan PBSI, Frengky berhasil menyabet berbagai gelar juara dengan berbagai pasangan yang berbeda.

Berpasangan dengan Sabar Karyaman Gutama, Frengky Wijaya Putra sukses menyabet gelar juara di Indonesia International dalam dua edisi di 2017 dan 2018.

Namun, karena prestasi yang tak kunjung meningkat dan cenderung tertinggal dari pasangan lainnya, Sabar/Frengky dipisah oleh PBSI pada 2018 lalu.

Frengky lantas berpasangan dengan Bagas Maulana. Namun, langkah pasangan ini paling baik hanya melaju hingga babak 16 besar di Hyderabad Open 2018.

Sementara ketika berpasangan dengan Rian Agung Saputro, Frengky tampil lebih baik dengan melaju hingga semifinal di Indonesia Masters 2018.

Sempat berpasangan dengan beberapa pebulutangkis tersebut, Frengky dinilai kurang berkembang dan akhirnya harus angkat kaki dari PBSI pada 2019.

Usai didegradasi PBSI, Frengky Wijaya Putra diketahui berkarier di Australia dan tampil gemilang dengan meraih juara di New South Wales Open 2023.