In-depth

3 Pebulutangkis Top Dunia yang Pernah Berguru di PBSI, Ada Peraih Emas Olimpiade!

Selasa, 24 Oktober 2023 12:30 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Deretan pebulutangkis papan atas dunia yang pernah menimba ilmu di PBSI, di mana dua di antaranya peraih emas Olimpiade. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Deretan pebulutangkis papan atas dunia yang pernah menimba ilmu di PBSI, di mana dua di antaranya peraih emas Olimpiade.

INDOSPORT.COM – Deretan pebulutangkis papan atas dunia yang pernah menimba ilmu di PBSI, di mana dua di antaranya peraih emas Olimpiade.

Tak hanya pebulutangkis Indonesia saja, PBSI rupanya pernah menggaet beberapa bintang bulutangkis papan atas dunia untuk berlatih.

Bukan tanpa sebab, Indonesia sendiri dikenal sebagai negara yang maju di cabang olahraga (cabor) bulutangkis sejak dahulu kala.

Tercatat, tim bulutangkis Indonesia merajai beberapa turnamen di Olimpiade, Kejuaraan Dunia, Piala Thomas hingga Piala Sudirman.

Oleh sebab itu, banyak pebulutangkis dari mancanegara yang berguru ke PBSI seperti Carolina Marin, Kirsty Gilmour hingga Lee Yong-dae. Berikut INDOSPORT mengulasnya.

Carolina Marin

Peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 di nomor tunggal putri yakni Carolina Marin diketahui pernah berlatih bersama PBSI pada 2015 lalu.

Tunggal putri asal Spanyol itu pernah menjajal lapangan Pelatnas Cipayung pada 2013 silam dan kembali berlatih di PBSI pada 2015 sebelum tampil di Australia Open dan Indonesia Open.

Pada 2015, Marin ikut menjalani pola latihan di Pelatnas Cipayung bersama Linda Wenifanetri, Hanna Ramadini, Gregoria Mariska, dan pemain tunggal putri Indonesia lainnya.

"Saya senang latihan bersama di sini karena fasilitas latihannya cukup bagus. Lagipula di Spanyol saya tidak punya banyak sparring partner putri, lebih sering latihan dengan pemain putra, dan itu rasanya berbeda," ujar Marin, dilansir dari PBSI.

Usai berlatih di PBSI pada 2013, Carolina Marin langsung gacor meraih gelar Juara Dunia 2014 usai mengalahkan unggulan pertama, Li Xuerui.

Prestasi terbaik Marin setelah magang di PBSI adalah menyabet medali emas Olimpiade Rio 2016, di mana kala itu ia berhasil mengalahkan PV Sindhu di final.

Tak hanya itu, Marin juga berhasil mengoleksi beberapa gelar juara seperti medali emas European Games, hingga tiga kali gelar Juara Dunia.