In-depth

Mengenal Dharma Gunadi, Tetangga Herry IP yang Lama Melatih Bulutangkis di Jerman

Rabu, 1 November 2023 14:29 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© pbdjarum.org
Dharma Gunadi, pelatih PB Djarum. (Foto: pbdjarum.org) Copyright: © pbdjarum.org
Dharma Gunadi, pelatih PB Djarum. (Foto: pbdjarum.org)

INDOSPORT.COM – Mengenal Dharma Gunadi, eks pebulutangkis Indonesia yang ternyata tetangga Herry IP dan sempat menjadi pelatih bulutangkis di Jerman.

Dharma Gunawi atau Dharma Gunadi merupakan salah satu mantan pebulutangkis yang dimiliki oleh Indonesia di masa lalu.

Awal kariernya di dunia tepok bulu ternyata berkat andil dari sosok Herry IP yang kini menjadi pelatih ganda campuran PBSI.

Pria kelahiran 9 Februari 1971 itu sejak kecil memang tertarik dengan dunia olahraga, bahkan sempat menjadi anggota klub renang dan tenis meja.

Namun semuanya berubah setelah dirinya bertemu dengan Herry IP, yang ternyata merupakan salah satu tetangganya.

Herry IP yang saat itu masih menjadi pelatih ganda Putra menganjurkan Dharma untuk menekuni olahraga bulutangkis.

Anjuran yang diberikan oleh Herry IP pun dilaksanakannya, dan kemudian bergabung dengan klub bulutangkis PBI Solah selama tiga tahun.

Menurut informasi tambahan dari PB Djarum, kemudian ia bergabung dengan PB Tangkas Jakarta sebelum akhirnya berlabuh bersama PB Djarum.

Dharma Gunadi menjadi salah satu dari tiga peserta yang berhasil lolos audisi PB Djarum yang diikuti oleh 1.000 atlet kala itu.

Meski berat harus berpisah dengan kedua orang tuanya karena harus mengeyam ilmu di Kudus, namun pengorbanannya pun berujung manis karena kariernya mulai menanjak setelah bergabung dengan PB Djarum.

Saat pertama kali mengikuti kompetisi, Dharma sukses meraih gelar juara di ganda taruna putra Munadi Cup di Jawa Tengah.

Sejak saat itu dirinya diprospek untuk menjadi pemain ganda putra oleh Christian Hadinata dan pindah ke Jakarta yang merupakan tempat latihan utama ganda putra.

Karier Dharma Gunadi sebagai pebulutangkis ganda putra pun terus menanjak dan meraih berbagai gelar juara.

Salah satu yang paling diingat ialah menjadi runner-up di Kejuaraan Dunia Junior, yang membuatnya juga lolos Seleknas Pratama di Pelatnas PBSI.