Fajar/Rian Mundur dari Kumamoto Masters 2023, Dewan BWF Beri Alasan Mengejutkan

Kamis, 2 November 2023 11:48 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Isman Fadil
© PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di laga French Open 2023. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di laga French Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto resmi mundur dari Kumamoto Masters 2023 dengan alasan yang cukup mengejutkan.

Turnamen bulutangkis Kumamoto Masters 2023 akan digelar di Jepang pada 14-19 November mendatang. Ajang berlevel Super 500 ini rencananya akan diikuti oleh ganda putra terbaik Tanah Air, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Namun, beberapa hari sebelum penyelenggaraan, Fajar/Rian mundur dari Kumamoto Masters 2023. Kabar ini terungkap lewat cuitan @idhamf93 di akun X pribadinya.

"BREAKING'! Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mundur dari Kumamtoto Masters 2023," cuit @idhamf93.

Dewan BWF asal Indonesia, Bambang Roedyanto, terpantau langsung memberikan jawaban terkait alasan mundurnya Fajar/Rian dari Kumamoto Masters 2023.

"Karena sudah qualified to WTF," cuit pria yang akrab disapa Koh Rudy tersebut, singkat.

Seperti diberitakan INDOSPORT.COM beberapa waktu lalu, Fajar/Rian memang telah dipastikan lolos ke World Tur Finals 2023. Mereka bahkan menjadi atlet Indonesia pertama yang lolos ke turnamen akhir tahun tersebut.

Untuk tahun ini, BWF World Tour Finals akan digelar di Hangzhou, China, pada 13-17 Desember mendatang. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, hanya atlet bulutangkis terundang yang berhak tampil di BWF World Tour Finals. 

Untuk bisa terundang, para atlet dari lima sektor harus berada di delapan ranking teratas klasemen Race to Finals. Klasemen didasarkan dari poin keikutsertaan para atlet bulutangkis dari ajang BWF Tour-BWF World Tour dalam satu tahun penuh, dan satu negara maksimal diwakili dua kuota.

Berdasarkan klasemen Race to Finals 2023, Fajar/Rian saat ini ada di posisi pertama dengan raihan 86910 poin diikuti Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) dan Liang Wei Keng/Wang Chang (China).