Sangat Langka! 3 Pebulutangkis Keturunan Bangsawan, Ada Putri Raja Thailand

Kamis, 9 November 2023 05:33 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Jacopo Raule/Getty Images
Mengulas tiga atlet bulutangkis keturunan bangsawan yang sangat langka terjadi, termasuk Sirivannavari Nariratana, Gronya Somerville, hingga Pangeran Brunei. Copyright: © Jacopo Raule/Getty Images
Mengulas tiga atlet bulutangkis keturunan bangsawan yang sangat langka terjadi, termasuk Sirivannavari Nariratana, Gronya Somerville, hingga Pangeran Brunei.

INDOSPORT.COM – Mengulas tiga atlet bulutangkis keturunan bangsawan yang sangat langka terjadi, termasuk Sirivannavari Nariratana, Gronya Somerville, hingga Pangeran Brunei.

Bulutangkis dari tahun ke tahun memang menjadi cabang olahraga paling populer di dunia. Hampir semua kalangan menyukai bulutangkis, termasuk dari keturunan bangsawan.

Meski tidak banyak, nyatanya ada keturunan bangsawan yang sukses menjadi atlet bulutangkis top dengan segudang prestasi.

Di bawah ini, INDOSPORT.COM akan mengulas tiga profil pebulutangkis berdarah bangsawan. Mereka adalah Sirivannavari Nariratana, Gronya Somerville, dan Abdul Muntaqim.

1. Sirivannavari Nariratana (Thailand)

Lahir pada 8 Januari 1987 dengan labelnya sebagai putri Vajiralongkorn yang merupakan raja Thailand, Sirivannavari Nariratana memang sudah mencintai olahraga sejak kecilnya, termasuk bulutangkis.

Kecintaan Sirivannavari pada olahraga menular dari mendiang sang kakek, Raja Bhumibol Adulyadej. Sang putri bahkan sangat serius menekuni bulutangkis hingga dia berhasil tampil di ajang internasional.

Sepanjang penampilannya di bulutangkis, Sujitra Ekmongkolpaisarn menjadi salah satu mitra ganda putri terbaik bagi Sirivannavari Nariratana.

Begitupun dengan Nuttaphon Narkthong yang menjadi salah satu partner terbaik bagi Sirivannavari Nariratana di sektor ganda campuran.

Pencapaian terbesar Sirivannavari Nariratana di dunia bulutangkis adalah kala dia berhasil mengantarkan tim beregu putri Thailand meraih medali emas SEA Games 2005.

Sirivannavari Nariratana juga sukses mengantarkan tim beregu putri Thailand meraih medali periunggu SEA Games 2007.

Tak hanya bulutangkis, saat menempuh pendidikan Master Desain di Ecole de le Chambre Syndicate de la Couture Parisienne, Prancis, sang putri juga menggeluti serius olahraga berkuda.

Ketekunannya berkuda direalisasikan kala dia mengikuti SEA Games 2013 dan sukses menyabet medali perak SEA Games 2017 di nomor team dressage.

Demikian kisah Sirivannavari Nariratana, putri kerajaan Thailand dengan bakat luar biasanya di bidang olahraga, dari bulutangkis hingga berkuda.

Dengan dedikasinya itu, Sirivannavari Nariratana bahkan menjadi sponsor utama ajang bulutangkis Thailand Masters sejak 2016 silam.