Irwansyah Resah Anthony Ginting cs Masih Krisis Percaya Diri, Bye Olimpiade Paris?

Minggu, 12 November 2023 13:40 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Pelatih ganda putra Indonesia, Irwansyah, merisaukan kepercayaan diri Anthony Sinisuka Ginting dan koleganya dengan persaingan Olimpiade Paris 2024 semakin ketat. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Pelatih ganda putra Indonesia, Irwansyah, merisaukan kepercayaan diri Anthony Sinisuka Ginting dan koleganya dengan persaingan Olimpiade Paris 2024 semakin ketat. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Pelatih ganda putra Indonesia, Irwansyah, merisaukan kepercayaan diri Anthony Sinisuka Ginting dan koleganya dengan persaingan Olimpiade Paris 2024 semakin ketat.

Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Chico Aura Dwi Wardoyo mempersiapkan diri tampil di turnamen Super 500 Kumamoto Masters 2023.

Turnamen ini akan diselenggarakan di Kumamoto, Jepang, pada 14 hingga 19 September 2023 yang masuk dalam kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Menurut Irwansyah, kepercayaan diri saat ini jadi masalah utama bagi Anthony Ginting dan kawan-kawan. Padahal, penampilan mereka sejauh ini sudah terbilang hebat.

Krisis kepercayaan diri ini biasanya datang dari diri mereka sendiri, atau juga dari tekanan dari lawan saat pertandingan berjalan.

“Saya yakin sama mereka, karena pemain-pemain kita ini sudah pemain yang hebat, pemain hebat banget. Tapi, kadang-kadang mereka ini kurang percaya dengan mereka sendiri dan pressure itu kadang-kadang mereka buat sendiri, datang sendiri," kata Irwansyah melansir dari Djarum Badminton.

Irwansyah mengatakan bahwa kepercayaan diri ini hanya bisa muncul ketika pemain sudah fokus dan tenang sehingga permainan mereka juga akan enak.

“Memang tidak gampang untuk dibicarakan dan tidak gampang untuk dihadapi waktu kita di lapangan. Makanya kalau mereka bisa dengan tenang, dengan fokus menjalankan apa yang kita sudah strategikan dan di latihan itu sudah kita latih, segalanya itu ke sananya lebih enak," jelasnya.

Krisis kepercayaan diri ini menjadi salah satu hal yang paling dirisaukan Irwansyah. Pasalnya, persaingan menuju Olimpiade Paris 2024, khususnya di sektor tunggal putra, sangat ketat.

Menurut data BWF, saat ini baru Anthony Ginting yang berada di zona aman. Dirinya menduduki peringkat ke-5, di belakang Shi Yuqi, Li Shifeng, Viktor Axelsen dan Kodai Naraoka.