China Masters: Sony Dwi Kuncoro Satu-satunya Tunggal Putra yang Juara di Kandang Macan

Senin, 20 November 2023 20:47 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Humas PBSI
Sony Dwi Kuncoro, satu-satunya tunggal putra Indonesia yang pernah juara China Masters. Copyright: © Humas PBSI
Sony Dwi Kuncoro, satu-satunya tunggal putra Indonesia yang pernah juara China Masters.

INDOSPORT.COM - Jelang perhelatan China Masters 2023, ada satu catatan miris di mana hanya ada satu tunggal putra Indonesia yang pernah juara, dia adalah Sony Dwi Kuncoro.

Turnamen bulutangkis China Masters 2023 akan segera dihelat pada 21-26 November 2023. Dari sektor tunggal putra, Indonesia akan mengirimkan dua wakil andalannya.

Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting dan Chico Aura Dwi Wardoyo. Sedangkan Jonatan Christie harus absen karena kabarnya sedang mempersiapkan pernikahannya.

Dengan absennya Viktor Axelsen, otomatis Anthony Sinisuka Ginting menjadi unggulan pertama sektor tunggal putra China Masters 2023.

Meski begitu, jalan Anthony Ginting untuk menjuarai ajang level Super 750 itu tak akan mudah. Sampai saat ini, jarang ada pemain luar yang bisa naik podium China Masters.

Sejak China Masters pertama kali digelar di tahun 2005, baru ada dua orang non-China yang bisa menjuarai sektor tunggal putra, salah satunya yakni Sony Dwi Kuncoro.

Pada China Masters 2008, Sony Dwi Kuncoro berstatus sebagai unggulan kelima. Meski tidak diprediksi untuk menjadi juara, tapi Sony bisa menaklukkan satu demi satu lawannya.

Memasuki babak final China Masters 2008, Sony berjumpa wakil tuan rumah, Chen Jin. Setelah melalui pertarungan sengit, Sony akhirnya menang tipis 21-19, 21-18.

Selain Sony Dwi Kuncoro, hanya ada Kento Momota (Jepang) yang bisa merengkuh gelar juara China Masters 2018 dan 2019, untuk sektor tunggal putra.

Sementara sisanya, wakil tuan rumah selalu menguasai podium. Lin Dan menjadi tunggal putra yang paling sukses dengan mengoleksi 6 gelar juara China Masters sejak tahun 2005.