In-depth

Menebak Pendamping Fajar/Rian di BWF World Tour Finals, Bagas/Fikri atau Daddies?

Selasa, 21 November 2023 12:54 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Menakar peluang ganda putra Indonesia yang akan mendampingi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di BWF World Tour Finals 2023, apakah Bagas/Fikri? (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Menakar peluang ganda putra Indonesia yang akan mendampingi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di BWF World Tour Finals 2023, apakah Bagas/Fikri? (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Menakar peluang ganda putra Indonesia yang akan mendampingi Fajar Alfian/Rian Ardianto di BWF World Tour Finals 2023, apakah Bagas/Fikri, Leo/Daniel atau Ahsan/Hendra?

Perebutan tiket menuju BWF World Tour Finals 2023 semakin memanas, dengan satu turnamen tersisa China Masters 2023 yang tengah berlangsung.

Khususnya di sektor ganda putra, setelah Kumamoto Masters 2023 kemarin,  sudah ada tujuh pasangan yang memastikan lolos ke turnamen penutup musim tersebut.

Dari 7 pasangan tersebut, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang lebih dulu lolos ke BWF World Tour Finals.

Perlu dicatat bahwa masing-masing negara boleh mengirimkan dua wakinya ke BWF World Tour Finals dengan syarat dua wakil tersebut berada di 8 besar klasemen akhir kualifikasi.

Lantas, adakah ganda putra Indonesia lain yang memiliki peluang menyusul Fajar/Rian tampil di Hangzhou pada 13-17 Desember 2023 mendatang?

Ada tiga ganda putra Indonesia yang memiliki peluang tersebut yakni Bagas Maulana/Shohibul Fikri, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Saat ini, Bagas/Fikri berada di urutan ketujuh dengan raihan 80.800 poin dari 14 turnamen yang diikuti, unggul dari pasangan China, Liu Yuchen/Ou Xuan Yi (78.410 poin).

Ada pun Leo/Daniel saat ini berada di urutan kesembilan dengan 75.610 poin, sedangkan Daddies membuntuti di belakang mereka dengan 75.460 poin.

Menurut data Statminton, Bagas/Fikri yang menjadi runner-up di Denmark Open dan French Open paling berpeluang untuk menemani Fajar/Rian.

Meski demikian, langkah Bagas/Fikri untuk bisa lolos ke BWF World Tour Finals akan sangat berat karena mereka harus melewati ujian di China Masters 2023 pekan ini. Simak hitung-hitungannya di halaman kedua: