In-depth

Termasuk Supermasi Ganda Putra, 3 Kiprah Indonesia di BWF World Tour Finals

Kamis, 23 November 2023 14:38 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© PBSI
Menilik tiga catatan kiprah Indonesia di ajang BWF World Tour Finals, di mana kedigdayaan ganda putra sulit ditembus. Copyright: © PBSI
Menilik tiga catatan kiprah Indonesia di ajang BWF World Tour Finals, di mana kedigdayaan ganda putra sulit ditembus.

INDOSPORT.COM – Menilik tiga catatan kiprah Indonesia di ajang BWF World Tour Finals, di mana kedigdayaan ganda putra sulit ditembus.

Ajang BWF World Tour Finals 2023 hanya tinggal menghitung hari, sebelum bergulir pada 13-17 Desember 2023 di Hangzhou, China.

BWF World Tour Finals menjadi kejuaraan penutup dari rangkaian turnamen bulutangkis yang diprakarsai oleh BWF sepanjang tahun.

Sebelumnya, turnamen elite ini bernama BWF Super Series Finals yang telah digelar sejak 2008 silam, dan menjadi kejuaraan yang diimpikan.

Bagaimana tidak, pebulu tangkis yang berpartisipasi tidak sembarangan alias hanya delapan pemain/pasangan terbaik yang berhak tampil.

Pemain tersebut ialah yang berhasil menempati delapan peringkat teratas dalam ranking BWF Race to Finals 2023.

Selain itu, jumlah wakil dari tiap negara untuk setiap nomornya juga dibatasi, alias hanya wakil terbaik dari masing-masing negara.

Menurut aturan BWF, maksimal hanya boleh dua wakil saja per negara yang dapat berlaga tiap nomornya di kejuaraan tersebut.

Jadi, tiap negara maksimal hanya boleh mengirimkan 10 wakil saja, alias dua masing-masing dari lima sektor yang berbeda.

Meski tak segacor China, Indonesia berhasil menorehkan tiga kiprahnya terutama di nomor ganda putra dalam ajang tersebut. Berikut ulasan singkatnya.