In-depth

4 Pasangan Terancam Degradasi dan Bubar di Tahun 2024, Kevin/Rahmat di Ujung Tanduk

Sabtu, 2 Desember 2023 14:44 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Humas PP PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat saat tampil di Korea Masters 2023 (Foto: Humas PP PBSI) Copyright: © Humas PP PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat saat tampil di Korea Masters 2023 (Foto: Humas PP PBSI)

INDOSPORT.COM - Ada empat pasangan bulutangkis yang terancam degradasi dan dibubarkan di awal tahun 2024, nasib Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat kini di ujung tanduk.

Jelang pergantian tahun, PBSI biasanya melakukan evaluasi bagi pemain Pelatnas. Jika tidak memenuhi target, pemain bisa didegradasi dan dikembalikan ke klub masing-masing.

Namun, jika ada pemain ganda yang dinilai masih potensial, ada kemungkinan PBSI dan pihak klub akan mengganti pasangan mereka.

Langkah ini pernah dilakukan ketika PBSI mendegradasi pasangan Hafiz Faizal/Gloria Widjaja. PB Djarum akhirnya bongkar pasang pemain, dan kini Dejan Ferdinansyah/Gloria Widjaja makin stabil di turnamen BWF.

Jika melihat tren di sepanjang tahun 2023, nampaknya ada beberapa pasangan yang memang sudah mentok dan bisa degradasi, atau mengalami bongkar pasang pemain.

Berikut INDOSPORT merangkum empat pasangan ganda yang terancam degradasi atau dibubarkan jelang pergantian tahun 2024.

1. Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat

Kevin Sanjaya/Rahmat Hidayat sebenarnya adalah pasangan racikan baru, tetapi mereka belum bisa menunjukkan kualitas di turnamen yang mereka ikuti, yakni Korea Masters dan Kumamoto Masters 2023.

Kevin Sanjaya menuturkan bahwa ia belum tahu apakah masih akan bersama Rahmat Hidayat pada tahun 2024, atau PBSI memiliki opsi lain.

"Tahun ini, turnamen yang kami ikuti sudah selesai. Kami tidak tampil di India. Untuk tahun depan kita lihat saja nanti bagaimana," ungkap Kevin usai kekalahan di Kumamoto Masters 2023.

Banyak yang berharap agar Kevin Sanjaya berpisah karena memerlukan tandem yang lebih kuat. Bahkan, ada banyak yang berharap agar ia kembali berpasangan dengan Marcus Gideon.