x

Ngeri! Banting Setir Jadi Pelatih, Eks Pebulutangkis Cantik Korea Miliki Ambisi Sangat Besar

Senin, 25 April 2022 09:35 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Baru pensiun, eks pebulutangkis bergelar Doktor, Sung Ji-hyun, miliki ambisi besar usai menjajaki karier sebagai asisten pelatih tunggal putri di pelatnas Korea.

INDOSPORT.COM – Baru pensiun, eks pebulutangkis bergelar Doktor, Sung Ji-hyun, miliki ambisi besar usai menjajaki karier sebagai asisten pelatih tunggal putri di pelatnas Korea Selatan.

Perlu diketahui, mantan tunggal ranking 2 dunia, Sung Ji-hyun, memutuskan pensiun atau gantung raket usai berkarier sebagai atlet kurang lebih 22 tahun lamanya, dengan rincian 13 tahun di tim nasional Korea Selatan (BKA).

Baca Juga

Pengumuman pensiunnya Sung Ji-hyun dirilis melalui instagramnya pada Rabu (6/4/22), tepatnya saat perhelatan Korea Open 2022 (5-10 April) di Suncheon, Korea Selatan.

Dalam rilis pensiun dirinya, Sung Ji-hyun juga mengatakan bahwa dia akan mulai merintis karier sebagai pelatih bulutangkis. Namun dia tidak menyertakan akan melatih dimana dan untuk siapa.

Pasca itu, pada Minggu (24/4/22), Dewan BWF sekaligus Kabid Humas PBSI Luar Negeri, Bambang Roedyanto, memaparkan bahwa Sung Ji-hyun resmi jadi asisten pelatih tunggal putri Korea Selatan.

Baca Juga

“Breaking: Sung Ji-hyun resmi jadi asisten pelatih WS (womens single) Korea,” tulis Bambang Roedyanto dalam Twitternya @RudyRoedyanto.

Unggahan twitter Bambang Roedyanto itu langsung banjir beragam komentar penggemar bulutangkis di kolom komentar Bambang Roedyanto.

“Kemarin pas Korea Masters (2022) udah diuji,” komentar wasit BWF asal Indonesia @JaohariLatif

Baca Juga

 “Waww. tunggal putri kesayangan mbakku akhirnya ada kabar,” komentar @elzar

“Sung Ji Hyun pensiun jadi pemain, udah ada An Se-young. Slm ASY susah bgt WS Korea menyamai level SJH,” komentar @mrprnna.


1. Ambisi Sung Ji-hyun Sebagai Pelatih

Ambisi besar Sung Ji-hyun sebagai asisten pelatih tunggal putri di timnas bulutangkis Korea Selatan.

Kabar Sung Ji-hyun menjadi asisten pelatih tunggal putri di pelatnas bulutangkis Korea Selatan, juga dikonfirmasi dari rilis berita media Sports News Nate.

Dalam sebuah wawancara, juara Korea Open 2015 itu bahkan memaparkan tentang ambisi besarnya saat memutuskan menjadi seorang pelatih bulutangkis di tim nasional.

Baca Juga

“Saya ingin menjadi pelatih yang dapat diandalkan oleh para pemain. Ayah saya adalah seorang panutan. Semua hal berasal dari bimbingan ayah saya,” ucap Sung Ji-hyun.

“Saya selalu melihatnya belajar dan mencoba memahami murid-muridnya, Saya sangat ingin belajar,” sambungnya dalam wawancara.

Sebagai informasi, ibu dari Sung Ji-hyun adalah mantan pemain bulutangkis Korea Selatan (BKA), Kim Yeon-ja. Sementara sang ayah adalah peraih medali perunggu Asian Games ke-10, Sung Han-kook.

Baca Juga

Tumbuh dari keluarga bulutangkis, menjadikan Sung Ji-hyun memiliki sosok panutan untuk memperkuat visi dan misinya dalam karier.

Termasuk keputusannya untuk menempuh pendidikan hingga jenjang S3 dalam jurusan psikologi olahraga di Korea Sports University.

“Saya mulai belajar (akademis) karena saya ingi mengetahui psikologi saya, dan sekarang saya pikir saya dapat menggunakan pengalaman dan pengetahuan saya untuk membimbing para junior,” pungkas Sung Ji-hyun.

Baca Juga

Sung Ji-hyun memiliki pencapaian tertinggi ketika menduduki ranking 2 dunia tunggal putri pada 2017. Beragam gelar telah diraih seperti medali emas Kejuaraan Bulutangkis Asia 2014.

Sayangnya, karena cedera, membuat performa Sung Ji-hyun menurun. Puncaknya, Sung Ji-hyun tak lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Dia juga memutuskan keluar dari tim nasional pada Kamis (12/08/21).


2. Pernikahan Bahagia Sung Ji-hyun

Rumah tangga bahagia Sung Ji-hyun dan Son Wan-ho.

Usai memutuskan keluar dari tim nasional bulutangkis Korea Selatan pada 2021 lalu, Sung Ji-hyun fokus menjalani biduk rumah tangga dengan Son Wan-ho.

Sang suami adalah atlet bulutangkis tunggal putra yang pernah menduduki ranking  1 dunia. Keduanya menikah sejak Desember 2020 lalu.

Bersama Son Wan-ho, kini Sung Ji-hyun resmi menyandang gelar doktor. Sedangkan Son Wan-ho kembali comeback di turnamen internasional usai hiatus setahun lamanya.

Tentu saja kekuatan cinta dan dukungan dari sang pasangan, akhirnya yang membuat Sung Ji-hyun dan Son Wan-ho melawan segala rintangan dan kesulitan.

Baca selengkapnya: Usai Resmi Menikah, Pasangan Bulutangkis Alan-Susy Versi Korea Pilih Pensiun

Korea SelatanAsosiasi Bulutangkis KoreaSung Ji HyunBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini