x

Baru Putuskan Pensiun, Tunggal Putra ini Langsung Didapuk Jadi Pelatih Tim Nasional India

Rabu, 8 Juni 2022 14:04 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Atlet bulutangkis tunggal putra India, Rajah Menuri Venkata Gurusaidutt atau Gurusaidutt, langsung didapuk jadi pelatih di tim nasional pasca putuskan pensiun.

INDOSPORT.COM – Atlet bulutangkis tunggal putra India, Rajah Menuri Venkata Gurusaidutt atau Gurusaidutt, langsung didapuk jadi pelatih di tim nasional pasca putuskan pensiun.

Diketahui, Gurusaidutt adalah salah satu tunggal putra senior di India yang lahir pada 1 Maret 1990 lalu. Dia memulai kariernya sebagai pemain bulutangkisdi akademi bulutangkis milik PullelaGopichand.

Baca Juga

Sejauh perjalanan kariernya sebagai atlet bulutangkis, Gurusaidutt pernah menyabet medali perunggu Commonwealth Games  2008.

Gurusaidutt juga pernah memenangkan gelar juara di India Open 2010 hingga menyabet medali emas Commonwealth Youth Games 2011. Rentetan prestasi itu membawanya menapaki ranking 19 dunia

Sayangnya, Gurusaidutt harus dihampiri cedera yang membuat penampilannya terhambat. Akibatnya, peringkat dunianya turun selama beberapa tahun.

Baca Juga

Teranyar, Gurusaidutt saat ini berada di peringkat 344 dunia, dan namanya mulai dibayang-bayangi oleh tunggal putra India lainnya seperti Srikanth Kidambi, Prannoy HS, hingga Lakshya Sen.

Namun, yang jelas, pencapaian yang ditorehkan Gurusaidutt itu sangat banyak dan tak bisa dipandang sebelah mata dalam sejarah bulutangkis India.

Sampai akhirnya Gurusaidutt memutuskan untuk menjadikan Odisha  Open 2022 pada 25-30 Januari lalu sebagai turnamen bulutangkis terakhirnya.

Baca Juga

Gurusaidutt memutuskan untuk pensiun atau gantung raket yang dia umumkan di instagram pribadinya  @gurusaidutt, pada Senin (6/6/22).

Dalam pernyataannya, pasca pensiun, Gurusaidutt langsung didapuk untuk menjadi pelatih bulutangkis di tim nasional bulutangkis India.


1. Pernyataan Pensiun Gurusaidutt

Pernyataan pensiun dari atlet bulutangkis sektor tunggal putra India, Gurusaidutt.

Berikut adalah pernyataan pensiun dari atlet bulutangkis sektor tunggal putra India, Gurusaidutt, sebagaimana dilansir dari instagramnya pada Senin (6/6/22).

“Dengan mata berair saya menulis ini untuk berbagi kepada kalian semua sebuah berita bahwa aku pensiun dari olahraga yang paling saya sukai.”

Baca Juga

“Saya telah memainkan olahraga ini selama dua dekade dengan sangat disiplin dan mengeluarkan kemampuan terbaik setiap saya turun ke pertandingan.”

“Suatu kehormatan bisa mewakili negara. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada orang tua saya, saudari Navya Mauri dan semua yang baik atas cinta dan dukungan tanp syarat selama bertahun-tahun.”

Kemudian Gurusaidutt juga mengucapkan banyak terima kasih kepada banyak pihak  yang mendukung perjalanan kariernya sebagai atlet bulutangkis.

Baca Juga

Seperti Asosiasi Bulutangkis India (BAI), pelatih Pullela Gopichand, sponsor, hingga rekan seperti Parupally Kashyap, dan Saina Nehwal.

Gurusaidutt juga akhirnya mengumumkan rencananya pasca pensiun di usia 32 tahun. Tak lain dia akan langsung didapuk menjadi pelatih di tim nasional Asosiasi Bulutangkis India(BAI).

“Namun saya senang masih tetap mengikuti olahraga dengan memulai fase karier selanjutnya sebagai bagian dari pelatih di tim nasional (BAI). “

Baca Juga

“Saya menantikan perjalanan baru ini bersama pasangan hidupku, Amulya Gullapalli, “pungkas Gurusaidutt.

Kini, para penggemar bulutangkis pasti teramat bagaimana kiprah Gurusaidutt sebagai pelatih tim nasional India. Terlebih India sedang disorot pasca kemenangannya menjuarai Piala Thomas 2022.


2. Ganda Putri Jepang Pensiun Mendadak

Atlet ganda putri Jepang, Aoi Matsuda, juga dikabarkan menyudahi kariernya secara mendadak.

Selain pensiunnya Gurusaidutt asal India, atlet bulutangkis ganda putri Jepang, Aoi Matsuda, juga dikabarkan menyudahi kariernya secara mendadak.

Penampilan terakhir juara Hylo Open 2021 adalah di turnamen German Open 2022. Sayangnya Aoi Matsuda/Chisato Hoshi memutuskan mundur dari kejuaraan tanpa diketahui alasannya.

Praktis, di antara absennya Aoi Matsuda/Chisato Hoshi pada turnamen pada 2022, ada berita mengejutkan bahwa Aoi Matsuda memutuskan pensiun pada usia 26 tahun.

Ya, pebulutangkis kelahiran 26 Februari 1996 itu memutuskan pensiun sebagaimana dilansir dari laman resmi klubnya, Biprogy pada Minggu (15/5/22).

Dalam rilis Biprogy, tidak diketahui pasti alasan Aoi Matsuda pensiun. Namun dia menyatakan pesan yang sangat menyentuh untuk perjalanan kariernya.

Baca selengkapnya: Baru Juara Hylo Open 2021, Ganda Putri Jepang Mendadak Umumkan Pensiun
 

IndiaBulutangkisBerita BulutangkisAsosiasi Bulutangkis India (BAI)

Berita Terkini