x

Update Kondisi 3 Pebulu Tangkis Indonesia yang Cedera: Praveen Cedera Pinggang, Yeremia Absen Panjang

Minggu, 19 Juni 2022 13:00 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
Pasangan ganda putra Indonesia, Yeremia Rambitan saat mengalami cedera lutut di Indonesia Open 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Berikut update kondisi terkini tiga pebulu tangkis Indonesia yang mengalami cedera yakni Praveen Jordan, Marcus Fernaldi Gideon dan Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Tanah Air kembali menggelar dua turnamen bulutangkis bergengsi yakni Indonesia Masters 2022 dan Indonesia Open 2022 yang digelar secara beruntun pada Juni 2022 ini.

Baca Juga

Ajang Indonesia Masters 2022 yang merupakan BWF World Tour Super 500, sendiri telah sukses digelar pada 7-12 Juni 2022 di Istora Senayan, Jakarta.

Lalu dua hari berselang dilanjutkan dengan ajang super 1000 bertajuk East Ventures Indonesia Open 2022 yang berlangsung pada 14-19 Juni 2022, di mana kini sedang berlangsung babak final.

Namun dua ajang bergengsi itu tak dilalui dengan mudah untuk beberapa wakil tuan rumah, karena ada beberapa pemain yang mengalami cedera atau tengah masa pemulihan.

Baca Juga

Cedera yang dialami membuat para atlet tidak bisa tampil sempurna di lapangan, bahkan harus memilih mundur dari turnamen.

Melansir dari laman PB Djarum, ada tiga pemain Indonesia yang mengalami cedera atau tengah masa pemulihan.

Ketiganya ialah Praveen Jordan, Marcus Fernaldi Gideon dan yang terbaru yakni Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Baca Juga

PB Djarum sendiri telah merangkum update terbaru soal kondisi ketiga pemain andalan Indonesia tersebut.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ulasan singkatnya kondisi Praveen Jordan, Marcus Fernaldi Gideon dan yang terbaru yakni Yeremia Rambitan.


1. Kondisi Marcus Gideon dan Praveen Jordan

Praveen Jordan / Melati Daeva Oktavianti

Marcus Fernaldi Gideon

Marcus Fernaldi Gideon sempat mengalami cedera berupa tulang tumbuh di pergelangan kaki kanan dan kirinya. Tulang kecil ini mengganggu penampilan Marcus di beberapa turnamen sebelumnya.

Selain itu otot perut Marcus juga mengalami robek dan terdapat benjolan berisikan darah, sehingga pasangan Kevin Sanjaya ini tak bisa tampil dengan sempurna seperti biasanya.

Berdasarkan analisis dan diskusi dengan dokter PBSI, dr. Nicolaas C. Budhiparama, Marcus Gideon disarankan untuk menjalani operasi.

Ganda putra peringkat 1 dunia itu kemudian bertolak ke Portugal untuk menjalani operasi dengan Prof Niek van Dijk, ahli bedah orthopedi yang sudah banyak menangani atlet papan atas, seperti Christiano Ronaldo, Lionel Messi dll.

Tak membutuhkan waktu lama, ayah dua anak itu kembali ke Indonesia untuk rehat sekaligus menjalani masa pemulihan.

Marcus sebenarnya sudah memasuki masa pemulihan setelah operasi yang dilakukan pada April 2022 lalu. Namun penampilannya bersama Kevin Sanjaya Sukamuljo masih belum bisa kembali normal.

Beberapa kali diakui Marcus, kakinya terasa sakit saat bertanding di lapangan. Meski begitu ia mengatakan rasa sakitnya berangsur hilang dan kondisi kakinya sudah 80 persen pulih.

Baca Juga

Praveen Jordan

Praveen Jordan yang juga ganda campuran naungan PB Djarum itu secara mengejutkan memutuskan mundur di babak dua Indonesia Open 2022.

Bukan tanpa alasan, keputusan ini dibuat setelah cedera pinggang kambuhan yang dialami Praveen. Dalam bahasa medis, kondisi cedera yang dialami Praveen disebut dengan low back pain HNP L5-S1.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya cedera ini, di antaranya gerakan-gerakan yang salah, tekanan karena berat badan yang meningkat, hingga gerakan mendadak yang terlalu cepat yang tidak disadari, sehingga menekan pada syaraf.

Baca Juga

Untuk mengatasi cedera tersebut, dapat dilakukan dengan menurunkan berat badan, berenang, penguatan kondisi otot, atau menggunakan alat bantu korset saat di lapangan.

Dalam kondisi ringan, cedera ini bisa sembuh dengan terapi, namun jika semakin parah dapat dilakukan operasi. Waktu pemulihan cedera ini tidak bisa ditentukan, bergantung kondisi fisik penderita cedera tersebut.


2. Kondisi Terbaru Yeremia Rambitan

Pasangan ganda putra Indonesia, Yeremia Rambitan saat mengalami cedera lutut di Indonesia Open 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Yeremia Rambitan merupakan pemain yang baru saja mengalami cedera dan menjadi salah satu momen emosional yang berlangsung di Indonesia Open 2022 di Istora Senayan, Jakarta.

Yeremia kala itu terjatuh saat pertandingan melawan pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik di babak perempat final Indonesia Open 2022.

Pasangan duet Pramudya Kusumawardana ini sempat mendapat dua kali pertolongan medis dan memilih melanjutkan pertandingan. Sayang setelah unggul 20-17, Pramudya/Yeremia akhirnya kalah 20-22.

Cedera Yeremia terjadi karena posisi kaki yang tidak stabil saat akan mengambil bola di depan net.

Berdasarkan keterangan dokter PBSI, Grace Joselini Corlensa Setiawan, Yeremia sudah menjalani tes MRI dan mengalami cedera lutut kiri. Cedera Yeremia diperkirakan membutuhkan masa pemulihan selama 3 hingga 6 bulan.

Lebih lanjut dr. Grace mengatakan sejauh ini Yeremia tidak akan mendapatkan tindakan operasi. Tim dokter PBSI sepakat, Yeremia akan diterapi dulu sambil terus melakukan pemeriksaan lanjutan.

"Jadi, sampai saat ini keputusan kami memang masih dalam terapi, artinya tata laksana konservatif dan tidak ada untuk penatalaksanaan operasi pada cedera Yere ini,” kata dr. Grace.

Praveen JordanPB DjarumMarcus Fernaldi GideonBerita BulutangkisYeremia Erich Yoche Yacob RambitanIndonesia Masters 2022Indonesia Open 2022

Berita Terkini