x

3 Pebulutangkis yang Bisa Gantikan Kevin Sanjaya jadi Tandem Baru Marcus Gideon

Senin, 26 September 2022 18:16 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon juara Indonesia Masters 2020.

INDOSPORT.COM - Berikut ini adalah tiga pebulutangkis yang bisa gantikan posisi Kevin Sanjaya Sukamuljo, untuk menjadi tandem baru Marcus Fernaldi Gideon.

Kabar kurang sedap tercium dari sektor ganda putra Indonesia. Kevin Sanjaya Sukamuljo dikabarkan mulai tak harmonis dengan sang pelatih, Herry Iman Pierngadi.

Baca Juga

Ada rumor yang menyebutkan bahwa keretakan hubungan Kevin Sanjaya dengan Herry IP terjadi ketika Marcus/Kevin kalah di Indonesia Open 2022, dan dapat evaluasi.

Herry IP melayangkan kritiknya ke media, sehingga Kevin Sanjaya tak terima. Sejak saat itu, komunikasi keduanya pun tertutup.

Bahkan, ketika mengikuti Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 dan Japan Open 2022, Marcus/Kevin tidak didampingi oleh Herry IP, hanya didampingi oleh asisten pelatih.

Baca Juga

Ada rumor kuat yang menyatakan bahwa Herry IP sudah lepas tangan dengan Kevin Sanjaya. Maka dari itu, nasib Marcus Gideon di Pelatnas, mau tak mau juga ikut terseret.

"Saat ini, Kevin berlatih sendiri, terpisah dengan tim nasional ganda putra. Bahkan, Kevin sehari-hari sudah tidak lagi berlatih dengan Marcus," ujar sumber internal yang tak mau disebutkan, dinukil dari Jawa Pos.

Baca Juga

Jika memang Kevin Sanjaya sudah tidak menaruh hatinya di Pelatnas PBSI, maka Marcus Fernaldi Gideon juga berpeluang untuk dipasangkan dengan pemain lain.

Berikut INDOSPORT.com merangkum tiga pemain yang bisa dipasangkan dengan Marcus Gideon, buntut dari konflik antara Kevin Sanjaya dan Herry Iman Pierngadi.


1. 1. Pramudya Kusumawardana

Pasangan ganda campuran Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich YY Rambitan di SEA Games Vietnam 2021. Foto: PBSI

Pramudya Kusumawardana sudah tak asing lagi dengan Marcus Gideon, karena sering berlatih bersama di Pelatnas PBSI, sebagai sesama pebulutangkis tunggal putra senior.

Pramudya Kusumawardana sudah lama tak terjun ke turnamen, karen partner aslinya, Yeremia Erich Yacob Yoche Rambitan mengalami cedera ACL beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Yeremia Rambitan beruntung tidak harus operasi, tetapi pemulihan cederanya pun memakan waktu cukup lama, diprediksi mencapai enam bulan atau lebih.

Namun, Pramudya tak boleh menganggur sama sekali, ia tetap harus bertanding agar tidak kehilangaan feeling saat di lapangan.

Maka dari itu, ada kesempatan bagi Pramudya untuk berpasangan dengan Marcus Fernaldi Gideon, jika memang Kevin Sanjaya sudah tak kembali ke Pelatnas lagi.

Baca Juga

2. Teges Satriaji Cahyo Hutomo

Melihat latar belakang Marcus Gideon sebagai atlet jebolan PB Jaya Raya, maka pebulutangkis 31 tahun itu nampaknya akan cocok dengan Teges Satriaji Cahyo Hutomo.

Teges Satriaji adalah pebulutangkis ganda putra Pelatnas Pratama, boleh dikatakan sebagai pemain junior, tetapi mereka juga latihan di tempat yang sama dengan senior.

Teges Satriaji adalah pemain jebolan PB Jaya Raya, yang saat ini berpasangan dengan Christopher David Maulana.

Baca Juga

Walaupun masih tergolong muda, 20 tahun, tetapi Marcus Gideon tidak akan kesulitan membimbing Teges Satriaji, mengingat Kevin Sanjaya pun lebih muda darinya.

Jika benar Marcus Gideon akan menjadi partner Teges Satriaji, maka akan menarik untuk melihat gebrakan apa yang dilakukan oleh atlet yang berada di peringkat atas itu.


2. 3. Alfian Eko Prasetya

Pasangan ganda putra Indonesia di turnamen Kapal Api Indonesia International Series 2022. Foto: PBSI

Berbeda dengan dua nama sebelumnya, Alfian Eko Prasetya adalah pebulutangkis senior yang pernah menghuni Pelatnas PBSI, namun terdegradasi tahun 2019.

Walau tak lagi bermain untuk Indonesia, Alfian Eko tetap menjaga kebugarannya dengan berlatih bulutangkis mandiri.

Hasilnya, ketika ia menjajal turnamen Indonesia International Series 2022 di Yogyakarta, ia yang berpasangan dengan Ade Yusuf Santoso, keluar sebagai juara.

Gelar ini membuat Alfian Eko Prasetya kembali menjadi sorotan, apakah ia layak untuk kembali jadi penghuni Pelatnas, di usianya yang sudah cukup senior, 28 tahun.

Hal ini tentu bukan sesuatu yang mustahil. Di usia Marcus Gideon yang juga sudah senior, 31 tahun, mereka sama-sama dewasa dan bisa menjadi panutan.

Kevin SanjayaAlfian Eko PrasetyaMarcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya SukamuljoKevin Sanjaya/Marcus GideonIn Depth SportsMarcus Fernaldi GideonTRIVIABulutangkisBerita BulutangkisTeges Satriaji Cahyo Hutomo/Indah Cahya Sari JamilPramudya Kusumawardana

Berita Terkini