x

Ganda Putra asal Chinese Taipei Rebut Ranking No. 2 Dunia, Kevin/Marcus Melorot Lagi?

Senin, 26 September 2022 10:22 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Ganda putra asal Chinese Taipei, Lee Yang/Wang Chi-lin, pekan ini bakal menduduki posisi ranking 2 dunia, lantas bagaimana nasib Kevin Sanjaya/Marcus Gideon?

INDOSPORT.COM – Ganda putra asal Chinese Taipei, Lee Yang/Wang Chi-lin, pekan ini bakal menduduki posisi ranking dua dunia. Lantas, bagaimana dengan nasib Kevin Sanjaya/Marcus Gideon?

Lee Yang/Wang Chi-lin, yang merupakan pemenang medali emas di Olimpiade Tokyo 2022, akan menduduki ranking dua dunia pekan ini, melansir dari akun Badminton Talk di Instagram.

Baca Juga

“Selamat untuk pemenang Olimpiade kita, Lee Yang/Wang Chi-lin, dari Chinese Taipei yang mencapai karier tertinggi peringkat 2 dunia pekan ini,” tulis Badminton Talk, Senin (26/09/22).

Kepastian ini didapat setelah Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) kembali merilis ranking terbaru, yang mana poin pada pekan ke-44 hingga 47 tahun 2019 dihapus.

Ini merupakan pencapaian tertinggi Lee Yang/Wang Chi-lin yang sempat bersinar di serangkaian turnamen pascapandemi COVID-19.

Baca Juga

Saat itu, Lee Yang/Wang Chi-lin menjadi pasangan ganda putra yang paling bersinar setelah memborong tiga gelar di tahun 2021 yakni Thailand Open I, Thailand Open II dan BWF World Tour Finals 2022.

Meski belum juara setelah tiga turnamen itu, Lee Yang/Wang Chi Lin tetap dianggap sebagai ‘mesin pembunuh’ bagi ganda putra top dunia.

Puncaknya, Lee/Wang berhasil menyabet medali emas Olimpiade Tokyo 2020 dengan mengalahkan wakil dari China, Li Junhui/Liu Yuchen, dalam dua set langsung.

Baca Juga

Lee/Wang yang berstatus kuda hitam secara mengejutkan bisa mematahkan dominasi China yang juara di dua edisi terakhir dengn skor 21-18 dan 21-12.

Namun, akankah pencapaian Lee Yang/Wang Chi-lin ini bakal mengancam posisi andalan Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, yang pekan lalu lengser ke posisi kedua.


1. Kevin/Marcus Akan Kembali ke No. 2 Dunia, Ini Alasannya

Pasangan ganda putra Indonesia Marcus Gideon/Kevin Sanjaya di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Diketahui, Kevin/Marcus harus menerima pil pahit setelah takhta mereka selama lima tahun terakhir di puncak ranking direbut oleh andalan Jepang, Takuro Hoki/ Yugo Kobayashi.

Dengan Lee Yang/Wang Chi-lin menempati posisi kedua maka Kevin/Marcus juga harus rela turun satu anak tangga ke posisi ketiga pada ranking BWF pekan ini.

Baca Juga

Namun, menurut perhitungan poin, Lee Yang/Wang Chi-lin tidak bertahan lama berada di posisi nomor dua dunia dan kemungkinan akan berubah saat BWF merilis ranking tahun depan.

Minions – julukan Kevin/Marcus – pekan depan diperkirakan bakal kembali menjadi ganda putra nomor dua dunia karena ada beberapa poin di turnamen 2020 yang akan dihapus pekan depan.

Dengan demikian, perubahan peringkat ini hanyalah bersifat sementara mengingat jebloknya performa Lee Yang/Wang Chi-lin setelah memenangkan Olimpiade Tokyo 2022.

Baca Juga

Setelah Olimpiade Tokyo 2022, Lee Yang/Wang Chi-lin belum juga memenangkan gelar dari sejumlah turnamen yang mereka ikuti.

Terbaru, Lee Yang/Wang Chi Lin gagal meraih gelar World Tour pertamanya tahun ini setelah kalah dari pasangan Malaysia, Man Wei Chong/Kai Wun Tee di final Taipei Open 2022.

Sebelum gagal di Taiwan Open, tercatat pada tahun ini mulai dari Thailand Open hingga Singapore Open Lee/Wang gagal menembus babak empat besar.

Baca Juga

Buntut dari performa jeblok ini, Asosiasi Bulutangkis Vietnam memutuskan memisah Lee Yang/Wang Chi-lin di ajang Denmark Open 2022 dan juga Olimpiade Paris 2024.

Sebagai gantinya, Lee Yang akan dipasangkan dengan partner barunya yakni Lu Chen.

Turnamen bulutangkis BWF Super 750 Denmark Open 2022 dijadwalkan digelar di Jyske Bank Arena, Denmark pada 18-23 Oktober 2022 mendatang.


2. Lee Yang/Wang Chi-lin 'Cerai' di Denmark Open 2022

Pasangan ganda putra asal Thaiwan, Lee Yang/Wang Chi-Lin.

Pasangan ganda putra Chinese Taipei, Lee Yang/Wang Chi Lin, dikabarkan tak hanya pisah di ajang Denmark Open 2022 namun juga di Olimpiade Paris 2024.

Sebelumnya para Badminton Lovers (BL) dikejutkan dengan kabar bahwa pasangan ganda putra Lee Yang/Wang Chi Lin bakal berpisah.

Rumor ini mencuat setelah pasangan peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 tak berpartisipasi di ajang Denmark Open 2022.

Turnamen bulutangkis BWF Super 750 itu bakal digelar di Jyske Bank Arena, Denmark pada 18-23 Oktober 2022 mendatang.

Kabar tersebut diketahui dari unggahan Rudy Roedyanto selaku Kepala Bidang Hubungan Luar Negeri PP PBSI di akun Twitter pribadinya pada Jumat (09/09/22) kemarin.

Dalam cuitannya, Rudy Roedyanto juga memberikan sejumlah informasi jelang turnamen bulutangkis Denmark Open 2022 yang mana pasangan Lee Yang/Wang Chi Lin harus  dipisah. 

Baca selengkapnya: Tak Hanya di Denmark Open, Lee Yang/Wang Chi Lin Resmi Pisah di Olimpiade Paris 2024?

BWFKevin Sanjaya/Marcus GideonChinese TaipeiBulutangkisBerita BulutangkisLee Yang/Wang Chi-LinDenmark Open 2022

Berita Terkini