x

Kudeta Ranking 1 Dunia dari Chen Qingchen/Jia Yifan, Ganda Putri Korea Kebanjiran Kado

Senin, 10 Oktober 2022 15:58 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Ganda putri Korea Selatan, Kim So-yeong/Kong Hee-yong, merayakan pencapaian mereka sebagai no 1 dunia dalam ranking dunia BWF terbaru di awal bulan Oktober.

INDOSPORT.COM – Pasangan ganda putri Korea Selatan, Kim So-yeong/Kong Hee-yong, merayakan pencapaian mereka sebagai no 1 dunia dalam ranking dunia BWF terbaru di awal bulan Oktober.

Kim So-yeong/Kong Hee-yong memastikan menjadi ganda putri no 1 dunia pada ranking BWF per 4 Oktober 2022 lalu, menggusur posisi pasangan China, Chen Qingchen/Jia Yifan.

Baca Juga

Ini merupakan pencapaian tertinggi sekaligus terbaik sejak Kim So-yeong dan Kong Hee Yong dipasangkan sebagai ganda putri pada 2018 lalu.

Pasangan Korea Selatan ini pun menggelar perayaan kecil atas pencapaian tersebut. Hal ini terlihat dalam unggahan Kim So-yeong melalui akun resminya di Instagram, Sabtu (08/10/22).

Kim So-yeong momen foto dirinya bersama Kong Hee-yong membawa dua buket bunga dari sporsornya, Yonex dan menyebut menjadi no 1 dunia adalah impian mereka selama ini.

Baca Juga

“Salah satu tujuan saya dalam hidup saya sebagai pemain adalah untuk peringkat 1!” tulis Kim So-yeong.

Pebulutangkis berusia 30 tahun itu juga berjanji akan terus membangun kenangan dan pencapaian indah bersama Hee-yong di waktu mendatang.

“(Saya akan) membangun kenangan dan kenangan indah satu per satu bersama Hee-yong!! Terima kasih banyak untuk mitra saya Hee-yong karena membuat ini pengalaman yang bagus,” lanjutnya.

“Terima kasih kepada semua penggemar, Yonex, keluarga, teman, dan semua orang yang mendukung dan memberi selamat kepada kami hingga kami sampai di titik ini!”

Baca Juga

Unggahan Kim So-yeong pun ditanggapi oleh rekan mainnya, Kong Hee-yong. Dia mengucapkan terima kasih karena sudah melalui perjuangan ini bersama-sama hingga jadi no. 1 dunia.

“Terima kasih sudah bisa mencapai banyak hal bersama adikku. Selamat,” tulis Kong Hee-yong.


1. Kim So-yeong/Kong Hee-yong Gusur Ganda Putri China

Pasangan China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan juara ganda putri Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Minggu (12/06/22).

Unggahan ini juga mendapatkan ucapan selamat dari beberapa penggemarnya. Para penggemar juga mendoakan Kim So-yeong/Kong Hee-yong semakin semangat mengejar gelar juara saat Tur Eropa bulan ini.

Per Selasa (04/10/22), BWF menghapus poin ranking dunia mulai pekan ke-48 hingga pekan ke-51 pada tahun 2019.

Baca Juga

Penghapusan poin ini menciptakan beberapa kejutan, termasuk keberhasilan Kim So-yeong/Kong Hee Yong menduduki ranking 1 dunia.

Dengan perubahan ini, ganda putri asal China, Chen Qingchen/Jia Yifan harus merelakan takhtanya kepada pasangan Korea itu setelah berkuasa selama 96 pekan.

Sejatinya, lengsernya Chen Qingchen/Jia Yifan sudah bisa diprediksi lantaran selama setahun lebih sejak pandemi COVID-19 mereka sempat absen.

Baca Juga

All England 2020 jadi turnamen terakhir yang mereka mainkan sebelum absen karena pandemi, dan kemudian baru comeback di ajang Olimpiade Tokyo 2022 pada Agustus 2021.

Di saat yang bersamaan, Kim So Yeong/Kong Hee Yong, di sepanjang tahun 2021 mengikuti berbagai turnamen bergengsi, termasuk menjuarai ajang Thailand Open II.

Selain itu, mereka beberapa kali keluar sebagai runner-up, di ajang BWF World Tour Finals 2020, French Open 2021, BWF World Tour Finals, dan Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2021.

Baca Juga

Sementara tahun ini, pasangan ini berhasil memenangkan Korea Masters 2022, dan meraih gelar runner-up di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Selanjutnya, Kim So-yeong/Kong Hee-yong akan mengarungi tur Eropa yang akan dimulai dengan Denmark Open 2022 (18-23 Oktober), kemudian French Open (25-30 Oktober) dan Hylo Open (1 – 6 November).


2. Ganda Putri Korea Selatan vs Thailand Sengit, Greysia Polii Merinding

Legenda ganda putri Indonesia, Greysia Polii pada acara konfrensi pers

Mantan pebulutangkis ganda putri Indonesia, Greysia Polii, sampai merinding menyaksikan pertandingan Kejuaraan Dunia Bulutangkis sektor ganda putri antara Korea Selatan vs Thailand.

Hal tersebut diketahui publik saat Greysia Polii mengunggah cuitannya itu di akun media sosial Twitter miliknya.

“Sungguh pertandingan yang intens antara Korea VS Thailand di WD. Adrenalin saya terpacu sepanjang pertandingan. Selamat untuk kedua pasangan, ganda putri yang luar biasa seperti biasa!,” tulis Greysia Polii dalam cuitannya.

Saking antusiasnya menyaksikan Kejuaraan Dunia Bulutangkis, Greysia Polii bahkan sempat merasa lupa jika dirinya sudah pensiun.

Baca selengkapnya: Bentrok Ganda Putri Korea Selatan vs Thailand Sengit, Greysia Polii Sampai Merinding

BWFKorea SelatanChinaBulutangkisKim So-yeong/Kong Hee-yongBerita BulutangkisChen Qingchen/Jia Yifan

Berita Terkini