x

Update Pebulutangkis Lolos BWF World Tour Finals 2022: Ada 2 Wakil Indonesia, Apriyani/Fadia Aman?

Sabtu, 29 Oktober 2022 18:12 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Update daftar pebulu tangkis dunia yang sudah berhasil mengamankan tiket ke BWF World Tour Finals 2022 setelah babak perempat final French Open.

INDOSPORT.COM – Berikut update daftar pebulutangkis dunia yang sudah berhasil mengamankan tiket ke BWF World Tour Finals 2022 setelah perempat final French Open per Jumat (28/10/22).

Turnamen penutup musim bertajuk BWF World Tour Finals 2022 dijadwalkan digelar di Guangzhou, China, pada 14-18 Desember mendatang.

Baca Juga

Ajang bergengsi ini hanya akan diikuti delapan pebulutangkis teratas dengan jumlah poin terbanyak di lima sektor berbeda pada klasemen BWF World Tour Finals (Race to Guangzhou).

Oleh karenanya, pebulu tangkis harus mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya mulai dari turnamen Super 100 hingga Super 1000, agar bisa tampil di ajang ini.

Kecuali, lima peraih medali emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis otomatis lolos selama mereka berada di posisi 20 besar ranking dunia.

Baca Juga

Hingga babak perempat final French Open yang tengah berlangsung pekan ini, sudah ada beberapa pebulutangkis yang mampu lolos ke turnamen tersebut.

Di mulai dari para peraih gelar Juara Dunia, dari sektor tunggal putra ada Viktor Axelsen dari Denmark dan juara dunia sektor tunggal putri ada Akane Yamaguchi (Jepang).

Kemudian pasangan ganda putra Aaron Chia/Soh Wooi Yik dari Malaysia, ganda putri Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China), serta ganda campuran Zheng Siwei/Huang Yaqiong (China).

Baca Juga

Di luar para pemenang juara dunia tersebut, dari sektor tunggal putra ada H.S. Prannoy yang lolos sebagai unggulan kedua di belakang Axelsen dengan raihan 66.730 poin.

Dua wakil Indonesia yakni Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting sejauh ini masih menunggu kepastian setelah mereka tersingkir dari French Open.


1. Kans Jonatan dan Ginting Lolos BWF World Tour Finals 2022

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di French Open 2022. (Foto: PBSI)

Jonatan yang retired dari babak perempat final berada di urutan keempat pada Race to Guangzhou, sementara Ginting yang kandas di babak pertama ada di posisi keenam.

Berbeda dengan tunggal putra, di sektor tunggal putri justru telah meloloskan enam pemain di luar sang juara dunia Akane Yamaguchi.

Baca Juga

Keenam pemain tersebut yakni Chen Yu Fei (1) dari China, disusul Tai Tzu Ying (Chines Taipei), He Bing Jiao (China), PV Sindhu (India), Ratchanok Intanon (Thailand), dan An Se-young.

Khususnya An Se-young, ‘Si Anak Ajaib’ asal Korea Selatan ini memastikan lolos ke Guangzhou meski absen di dua turnamen Super 750 terakhir di Eropa.

Di sepanjang 2022, performa An Se-young cukup konsisten di mana dia berhasil menggondol dua gelar di Korea Open dan Korea Masters, serta runner-up di All England dan Japan Open.

Baca Juga

Kemudian pada sektor ganda putra, dua pasangan Indonesia sudah memastikan lolos yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Fajar/Rian lolos sebagai unggulan pertama berkat pencapaian impresif sepanjang 2022, yakni memenangkan empat gelar dari delapan partai final yang dilakoni.

Sementara Ahsan/Hendra lolos menyusul kegagalan juniornya, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di babak perempat final French Open.

Baca Juga

Pada sektor ganda putri, terdapat lima pasangan yang sudah pasti lolos menyusul Juara Dunia Chen Qing Chen/Jia Yifan.

Mereka adalah pasangan Korea Selatan Jeong Na-eun/Kim Hye-jeong, Zhang Shuxia/Zheng Yu (China), Nami Matsuyama/Shiharu Shida (Jepang), Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand), dan Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Filipina).


2. Nasib Apriyani/Fadia, Bisa Lolos?

Pasangan ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di kejuaraan bulutangkis Japan Open 2022. Foto: PBSI

Sementara itu, pasagan Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti masih punya peluang kecil untuk bisa lolos setelah mereka kandas di babak pertama French Open 2022.

Posisi Apriyani/Fadia rawan digusur pasangan Malaysia, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan yang saat ini masih berjuang di babak semifinal French Open.

Di sektor ganda campuran,tiga pasangan dipastikan sudah lolos. Selain Juara Dunia Zheng/Huang, ada rekan senegaranya Wang Yilyu/Huang Dongping dan pasangan Thailand  Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai.

Satu pasangan Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, juga mengantongi asal untuk lolos ke BWF World Tour Finals 2022 setelah mereka mencapai semifinal French Open.

Selengkapnya, berikut ini daftar sementara pemain yang lolos ke BWF World Tour Finals 2022:

Tunggal Putra

1. Viktor Axelsen (Denmark)

2. H.S. Prannoy (India)

Tunggal Putri

1. Chen Yu Fei (China)

2. Tai Tzu Ying (Chinese Taipei)

3. He Bing Jiao (China)

4. PV Sindhu (India)

5. Ratchanok Intanon (Thailand)

6. An Se-young (Korea Selatan).

9. Akane Yamaguchi (Jepang)

Ganda Putra

1. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia)

2. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Indonesia)

5. Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia)

Ganda Putri

1. Jeong Na-eun/Kim Hye-jeong (Korea Selatan)

2. Chen Qing Chen/Jia Yifan (China)

3. Zhang Shuxia/Zheng Yu (China)

4. Nami Matsuyama/Shiharu Shida (Jepang)

5. Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand)

6. Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand)

Ganda Campuran

1. Zheng Siwei/Huang Yaqiong (China)

2. Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand)

3. Wang Yilyu/Huang Dongping (China)

Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoMohammad Ahsan/Hendra SetiawanViktor AxelsenKlasemenBWF World Tour FinalsAaron Chia/Soh Wooi YikBWF World TourApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva RamadhantiBWF World Tour Finals 2022French Open 2022

Berita Terkini