x

Apa Kabar Big Four Kings? Tak Jadi Pelatih, Taufik Hidayat Pilih Jadi 'Kritikus' Anthony Ginting dkk

Rabu, 21 Desember 2022 15:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Era ‘Big Four Kings’ yang terdiri dari Taufik Hidayat, Lee Chong Wei, Lin Dan, dan Peter Gade pernah jadi cerita menarik pada masanya, bagaimana kabar mereka?

INDOSPORT.COM – Kejayaan empat tunggal putra top ‘Big Four Kings’ yang terdiri dari Taufik Hidayat, Lee Chong Wei, Lin Dan, dan Peter Gade pernah jadi cerita menarik pada masanya. Bagaimana kabar mereka saat ini?

Prestasi serta sengitnya pertarungan empat pebulu tangkis tungal putra top dunia, Lin Dan, Lee Chong Wei, Taufik Hidayat dan Peter Gade membuat mereka terus dikenang.

Lin Dan menjadi member paling terakhir yang memutuskan pensiun pada 2020, di mana ini menandai lahirnya para tunggal putra dunia baru yang siap mengancam dunia.

Sementara member Big Four kings sendiri melanjutkan cerita hidup mereka masing-masing setela memutuskan gantung raket.

Satu anggota ada yang memutuskan jadi pelatih, namun ada juga member yang memilih menghabiskan sebagian besar waktunya bersama keluarga.

Baca Juga

Menariknya, satu anggota lain sempat menjajal turnamen "tarkam" atau ajang hiburan menantang para pebulu tangkis amatir dan bukan dari kalangan non-atlet. Siapa dia?

1. Peter Gade

Peter Gade menjadi member Big Four Kings paling pertama yang memutuskan gantung raket. Tepatnya, legenda Denmark itu menutup buku perjalanan kariernya pada 2012.

Baca Juga

Jika melihat dari raihan prestasi, Peter Gade memang lebih banyak meraih sukses di level turnamen tingkat regional Eropa. Sementara di level dunia, dirinya masih cukup tertinggal dari tiga pesaingnya itu.

Di antara member Big Four Kings lain, hanya Peter Gade yang memutuskan banting stir jadi pelatih. Dia bahkan membangun klub bulutangkis di negaranya bernama Peter Gade Academy.

Lewat akademi ini Peter Gade tercatat telah melatih para atlet dari berbagai negara, salah satunya adalah Kristin Kuuba dari Estonia.

Baca Juga

1. 2. Taufik Hidayat

Shon Seung-mo, Taufik Hidayat, dan Sony Dwi Kuncoro di podium Olimpiade 2004 Athena.

Memulai kariernya sejak 1996, Taufik Hidayat menjuarai banyak gelar dunia. Termasuk meraih gelar Piala Thomas pada 2000 dan 2002, dan jadi Juara Dunia 2005.

Bahkan dia memecahkan rekor sebagai pebulu tangkis termuda yang mampu menduduki peringkat dunia jelang memasuki 18 tahun.

Capaian tertinggi dalam karer Taufik Hidayat adalah meraih medali emas dalam cabang bulutangkis nomor tunggal putra pada Olimpiade 2004 di Athena.

Taufik Hidayat memutuskan gantung raket pada 2013. Dirinya sempat menjabat jabatan penting di kepengurusan PBSI tetapi memutuskan keluar pada April 2022 lalu.

Baca Juga

Mentas dari PBSI, Taufik Hidayat pun memilih menjadi pengamat sekaligus kritikus bulutangkis tanah air.

Tak jarang, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie jadi "korban" pedasnya kritikan Taufik Hidayat karena dianggap belum mampu bersaing sebagai pemain top dunia.

Baca Juga

Taufik pun pernah hadir di sebuah fun tournament sesama artis. Pada Juli 2022 kemarin, dia menantang tiga presenter Trig3rr,  Rigen Rakelna, Marshel Widianto, dan Indra Jegel adu bulutangkis.

Kemampuan bulutangkis Taufik Hidayat terbukti masih sangat hebat di pertandingan itu meskipun dia digempur habis-habisan oleh ketiga artis tersebut.

Terbaru, Taufik Hidayat menyaksikan langsung pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar.  Tak sendirian, dia menggandeng istri tercinta, Ami Gumelar, dan putra bungsunya, Nayottama.

Baca Juga

2. 3. Lee Chong Wei

Lee Chong Wei saat pengumuman akan dibuatkan patung lilin di Madame Tussauds.

Lee Chong Wei pensiun pada 2019 karena faktor kesehatan setelah dia sempat menderita kanker hidung sehingga menyebabkan performanya menurun.

Sepanjang kariernya, Lee mencapai 106 final dengan koleksi 69 gelar juara, termasuk tiga medali perak Olimpiade dan pernah duduki ranking 1 dunia selama 349 pekan.

Setelah memutuskan pensiun, Lee Chong Wei menyatakan belum tertarik untuk merambah karier sebagai pelatih. Padahal, dia kerap dapat tawaran melatih di luar negeri.

Meski demikian, Lee tetap menujukkan perhatiannya dengan perkembangan bulutangkis Malaysia yang saat ini mulai jadi ancaman dunia.

Kabar terbaru, Lee Chong Wei di usianya yang ke-40, berbagi kabar baik di halaman instagramnya, bahwa dia sedang menyambut kelahiran putra ketiganya yang diberi nama Anson Lee.

Baca Juga


Lee Chong Wei dan Wong Mei Chow yang menikah sejak 9 November 2012 juga memiliki dua putra lainnya, Kingston Lee yang berusia sembilan tahun, dan Terrance Lee berusia tujuh tahun.

4. Lin Dan

Lin Dan merupakan member Big Four Kings yang pertama kali memutuskan pensiun dari dunia bulutangkis. Tepatnya pada Juli 2020 lalu.

Pebulutangkis satu ini termasuk salah satu tunggal putra terhebat di negara asalnya, di China.

Baca Juga

Selama 20 tahun berkarier, Super Dan meraih 6 gelar All England, 5 gelar Juara Dunia, 2 medali emas Asian Games, dan 2 medali emas Olimpiade.

Lin Dan sempat menghilang kabarnya selama dua tahun sejak memutuskan pensiun. Namun pada 2020 lalu, Lin Dan sesekali menyapa pengemar melalui akun Instagram pribadinya.

Unggahan terakhir Lin Dan pada 0 Juli 2021, di mana saat itu Super Dan menjajal kemampuannya bermain golf.

Baca Juga

Lin Dan tampak merayakan pukulan golf-nya yang menunjukkan kekuatan tangannya masih mumpuni seperti saat bermain bulutangkis.

Melansir dari Sohu, Lin dan istri cantiknya Xie Xingfang merambah dunia bisnis. Lin Dan memiliki tempat latihan yang memiliki luas hampir 4.000 meter persegi dan fasilitas olahraga khusus atlet profesional.

Lee Chong WeiIndonesiaChinaLin DanMalaysiaTaufik HidayatDenmarkPiala Dunia 2022Peter GadeBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini