☰
x

Intip Penghasilan Para Atlet Bulutangkis Indonesia Awal Tahun 2023, Siapa Paling Wow?

Selasa, 7 Februari 2023 16:45 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pebulutangkis Indonesia, Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Para atlet bulutangkis Indonesia tampil cukup sibuk pada awal tahun 2023 dengan berpartisipasi di sejumlah turnamen selama Januari dan Februari.

Agenda dimulai dari Malaysia Open, berlanjut ke India Open, Indonesia Masters, dan yang teranyar Thailand Masters 2023.

Dari empat turnamen itu, tim bulutangkis Indonesia meraih hasil yang tidak terlalu buruk, termasuk saat berlaga di hadapan publik sendiri di Istora Senayan pada akhir bulan Januari.

Selain raihan gelar dan podium, hal menarik lainnya yang cukup menarik untuk dibahas adalah hadiah yang dibawa pulang oleh para wakil Tanah Air.

Dilansir dari YouTube Jurnal Bulutangkis, ada sejumlah pebulutangkis Indonesia yang berhasil meraup penghasilan lebih dari Rp50 juta dari turnamen-turnamen yang digelar pada awal tahun ini.

Baca Juga

Shesar Hiren Rhustavito, yang bermain di Malaysia Open, India Open, dan Indonesia Masters tahun ini, mengantongi Rp54 juta.

Sepanjang perjalanannya di tiga turnamen tersebut, raihan terbaik Shesar adalah 16 besar Indonesia Masters 2023.

Baca Juga

Ia gagal melaju ke perempat final setelah ditumbangkan rekan senegaranya sendiri, Jonatan Christie, 21-16, 21-15. Sementara itu, di Malaysia Open dan India Open langkahnya terhenti di 32 besar.

Selanjutnya, ada pasangan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati yang meraup penghasilan masing-masing Rp58 juta.

Rehan/Lisa menutup langkah mereka Malaysia Open di babak 16 besar, begitu pula di India Open.

Baca Juga

1. Dari Rehan/Lisa hingga Bagas/Fikri

Pasangan ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Foto: PBSI.

Di Indonesia Masters, perjuangan Rehan/Lisa kandas di 32 besar usai ditekuk Kyohei Namashita/Naru Shinoya.

Yang teranyar, mereka tampil di Thailand Masters dan angkat kaki di 16 besar setelah ditumbangkan pasangan Korea Selatan, Kim Won-ho/Jeong Na-eun.

Ganda putra legendaris Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, berada di daftar selanjutnya dengan raihan masing-masing Rp77 juta.

Di turnamen-turnamen awal tahun ini, Ahsan/Hendra tampil di perempat final Malaysia Open dan 32 besar India Open.

The Daddies di Indonesia Masters terhempas di 16 besar setelah ditumbangkan juniornya sendiri, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Baca Juga

Daftar pemain bulutangkis Indonesia dengan penghasilan di atas Rp50 juta lainnya adalah pasangan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

Kevin/Marcus masing-masing mengantongi Rp87 juta setelah bermain di Malaysia Open, India Open, dan Indonesia Masters.

Baca Juga

Dari tiga turnamen tersebut, raihan terbaik Kevin/Marcus adalah perempat final India Open 2023. Di babak ini, mereka ditumbangkan wakil China, Liang Wei Keng/Wang Chang, 21-12, 21-18.

Di atas Kevin/Marcus, ada pasangan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri yang masing-masing mengantongi Rp97 juta.

Bakri meraih hasil terbaiknya di Thailand Masters 2023 setelah menginjakkan kaki di semfinal. Sayang, mereka dikalahkan pasangan Chinese Taipei, Su Ching Heng/Ye Hong Wei.

Baca Juga

2. Gregoria hingga Fajar/Rian

Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Beranjak ke pebulutangkis dengan penghasilan di atas Rp100 juta. Ada tunggal putri Indonesia yakni Gregoria Mariska Tunjung.

Gregoria yang awal tahun 2023 ini bermain di Malaysia Open, India Open, dan Indonesia Masters,  mengantongi Rp134 juta.

Selanjutnya ada Apriyani Rahayu/Siti Fadia Ramadhanti yang masing-masing mendapat Rp154 juta, lalu Dejan Ferdiansyah/Gloria Emmanuelle Widjaja dengan Rp187 juta.

Tampil di final Indonesia Masters 2023, Chico Aura Wardoyo menjadi pemain selanjutnya di daftar ini dengan penghasilan Rp309 juta.

Masih dari sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting unggul di atas Chico Aura dengan Rp314 juta. Ia berpartisipasi di perempat final Malaysia Open, semifinal India Open, dan 16 besar Indonesia Masters.

Berlanjut ke pasangan ganda putra muda Indonesia yang sedang naik daun belakangan ini, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, yang diklaim meraup Rp410 juta masing-masing.

Mengawali 2023 dengan posisi 16 besar Malaysia Open dan 32 besar India Open, Leo/Daniel melesat sebagai juara di dua turnamen terkini yang mereka ikuti, Indonesia Masters dan Thailand Masters.

Lalu Jonatan Christie, yang awalnya kandas di 16 besar Malaysia Open, sukses memperbaiki raihannya dengan tampil di semifinal India Open meski langkahnya diakhiri oleh Viktor Axelsen.

Yang teranyar, Jojo meraih podium teratas di Indonesia Masters usai memenangkan perang saudara melawan Chico Aura di final. Ia pun disebut-sebut telah mengumpulkan Rp717 juta.

Terakhir sekaligus tertinggi di daftar ini, adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang masing-masing meraih Rp811 juta.

Setelah juara Malaysia Open, langkah Fajri terhenti di semifinal India Open kemudian perempat final Indonesia Masters.

Sumber: YouTube Jurnal Bulutangkis

IndonesiaIndonesia MastersThailand MastersBulutangkisIndia OpenMalaysia OpenBerita Bulutangkis

Berita Terkini