x

Hasil Malaysia Masters: Unggulan 2 tapi Melempem, Ginting Dipermalukan The Next Lin Dan

Kamis, 25 Mei 2023 16:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Hasil bulutangkis Malaysia Masters 2023 antara Anthony Sinisuka Ginting vs Weng Hong Yang, dimenangkan oleh tunggal putra asal China. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Hasil bulutangkis Malaysia Masters 2023 antara Anthony Sinisuka Ginting vs Weng Hong Yang, dimenangkan oleh tunggal putra asal China.

Bertanding di Axiata Arena pada Kamis (25/05/23), Anthony Sinisuka Ginting menyerah di tangan pemain andalan China tersebut dalam dua set langsung  19-21 dan 15-21 dalam tempo 51 menit.

Dengan hasil ini, Ginting gagal membalaskan kekalahannya dari jawara Korea Open 2022 tersebut pada pertemuan pertama mereka.

Pertemuan pertama tersebut terjadi di ajang Badminton Asia Championships 2022, di mana saat itu Ginting menyerah tiga set dari pemain berjuluk The Next Lin Dan ini.

Pada babak perempat final Malaysia Masters 2023, Weng Hong Yang akan bertemu dengan pemenang antara Ng Ka Long Angus (Hong Kong) atau Lakshya Sen (India).

Baca Juga

Merunut dari jalannya pertandingan, Ginting yang berstatus unggulan kedua melakukan sejumlah error yang membuat dirinya kehilangan poin-poin awal. Ginting pun tertinggal 1-4.

Pebulu tangkis peringkat 2 dunia tersebut stagnam di angka 4-8 sebelum bangkit dan nyaris menyamakan kedudukan di angka 8-10.

Meski demikian, upaya Ginting belum berhasil membalikkan keadaan dengan dirinya tertinggal pada interval gim pertama 9-11.

Baca Juga

Lanjut usai turun minum, satu placing cerdik mengecoh lawan Ginting yang dijuluki The Next Lin Dan di negara asalnya. Ginting pun menambah angka untuk mengejar ketertinggalan menjadi 13-15.

Ginting dan Weng Hong Yang terlibat reli panjang memperebutkan satu dua poin sampai akhirnya Ginting berbalik unggul menjadi 17-16.

Ginting gagal menyalip. Tertinggal pada matchpoint, pukulannya malah keluar memberi angka bagi Weng Hong Yang memastikan kemenangan set pertama 19-21.

Baca Juga

1. Set Kedua

Tunggal putra China, Weng Hongyang Juara Korea Open 2022. Foto: Instagram@bwf.official

Memasuki set kedua babak 16 besar Malaysia Masters 2023, Anthony Ginting lagi-lagi harus tertinggal dari pebulu tangkis bertangan kidal tersebut.

Dia kesulitan menyamakan kedudukan di angka 2-3, 3-5, dan 4-7, sebelum kemudian memperkecil kedudukan menjadi 7-8.

Sebuah reli berlangsung panjang dan alot. Kejar-kejaran dua poin beruntun membuat Ginting menyamakan kedudukan menjadi 9-9.

Dalam situasi ini, Ginting sejatinya punya kans untuk membalikkan keadaan. Namun momentum ini gagal dicapai hingga dia kalah unggul di interval gim kedua 9-11.

Ginting dalam situasi tertekan meladeni serangan demi serangan Weng Hong Yang. Alhasil, dia tertinggal jauh 12-17 sebelum pukulan smash jadi titik baliknya buat mengejar.

Baca Juga

Reli panjang berlangsung sengit di angka 13-17 tetapi Ginting terlalu terburu-buru mengeksekusi shuttlecock dan berujung menyangkut net.

Dua poin menuju matchpoint untuk Weng Hong Yang, Ginting tampak kepayahan mengejar shuttlecock membuat dirinya kembali tertinggal 13-20.

Dua pukulan cerdik Ginting gagal dikembalikan oleh Weng Hong Yang untuk menunda kemenangan pebulu tangkis China di gim kedua.

Baca Juga

Namun Ginting mati langkah saat mengalau smash dropshot Weng Hong Yang. Ini memastikan Ginting kandas usai kalah di gim kedua dengan skor 15-21.

Dengan demikian, Ginting menyusul jejak kompatriotnya Jonatan Christie yang lebih dulu tersingkir usai dikalahkan Kenta Nishimoto.

Indonesia pun hanya menyisakan satu wakilnya di tunggal putra, yakni Christian Adinata yang melaju ke babak perempat final Malaysia Open 2023 dengan menghadapi Kidambi Srikanth.

Baca Juga
Anthony Sinisuka GintingHasil PertandinganBulutangkisBerita BulutangkisWeng HongyangMalaysia Masters

Berita Terkini