x

Sangat Langka Terjadi, 3 Atlet Cetak Hattrick Emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Rabu, 23 Agustus 2023 19:27 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Cukup langka terjadi, sejumlah atlet termasuk Lin Dan dan Cai Yun/Fu Haifeng, sukses hattrick medali emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis. Siapa saja?

INDOSPORT.COM – Cukup langka terjadi, sejumlah atlet termasuk Lin Dan dan Cai Yun/Fu Haifeng, sukses hattrick medali emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis. Siapa saja?

Kejuaraan Dunia Bulutangkis telah diadakan sejak 1977. Awalnya ajang jadi agenda per tiga tahun, namun seiring berjalannya waktu, berubah jadi  kalender tahunan BWF.

Menurut riwayatnya, China menjadi negara yang mengoleksi medali terbanyak disusul Indonesia, Denmark, Korea Selatan, Jepang, dan Spanyol.

Terlepas dari apapun itu, Kejuaraan Dunia Bulutangkis sampai saat ini sanggup bertahan dengan magisnya sebagai turnamen grade satu yang sangat bergengsi.

Saking bergengsinya, bahkan mungkin seorang atlet bulutangkis akan merasa kurang lengkap gelarnya jika belum mendapatkan kalungan medali Kejuaran Dunia.

Baca Juga

Bergengsinya Kejuaraan Dunia Bulutangkis, ada fenomena langka di mana beberapa atlet sukses mencetak hattrick emas ajang ini.

Uniknya, semua peraih hattrick ema situ berasal dari China, yakni Lin Dan, Cai Yun/Fu Haifeng, dan Yu Yang. Intip profil mereka masing-masing.

1. Lin Dan

Di antara sederet gelar juara yang telah ditorehkan Lin Dan saat masih berkarier sebagai atlet bulutangkis, salah satu yang berkesan mungkin adalah Kejuaraan Dunia.

Bagaimana tidak. Lin Dan sampai saat ini masih tercatat sebagai atlet tersukses di Kejuaraan Dunia Bulutangkis dengan lima kali emas ajang ini.

Baca Juga

Lin Dan pertama kalinya meraih medali emas Kejuaraan Dunia pada tahun 2006 setelah kemenangannya melawan sang compatriot, Bao Chunlai, di final, dengan skor 18-21, 21-17. 21-12.

Keperkasaan Lin Dan tak terbendung di tahun 2007 setelah di finl dia mengalahkan wakil Indonesia, Sony Dwi Kuncoro, 21-11, 22-20.

Sempat terjeda pada 2008, Lin Dan memastikan hattrick emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis di 2009 usai di final mengalahkan sesame wakil China, Chen Jin, dengan skor akhir 21-18, 21-16.

Sukses meraih hattrick, Lin Dan menggenapi keping emasnya tersebut pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013 dan 2017.

Baca Juga

1. Atlet Hattrick Emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Termasuk Cai Yun/Fu Haifeng, Deretan Atlet Hattrick Emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

2. Cai Yun/Fu Haifeng (2009, 2010, 2011)

Selain Lin Dan, legenda ganda putra China, Cai Yun/Fu Haifeng bisa dibilang sebagai salah satu atlet bulutangkis paling sukses di Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Mantan ganda putra ranking satu BWF itu sukses mengoleksi empat medali emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis. Cai Yun/Fu Haifeng pertama kali meraih emas Kejuaraan Dunia pada tahun 2006.

Saat itu di final mereka berhasil mengalahkan wakil Inggris Robert Blair/Anthony Clark di final dengan skor akhir 21-9 dan 21-13.

Terjeda Markis Kido/Hendra Setiawan pada tahun 2007, Cai Yun/Fu Haifeng kembali mengganas di Kejuaraan Dunia 2009.

Di tahun 2009, Cai Yun/Fu Haifeng sukses meraih emas usai di final mengalahkan Jung Jae-sung/Lee Yong-dae (Korea Selatan).

Baca Juga

Hattrick juara dipastikan oleh Cai Yun/Fu Haifeng yang kembali meraih emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis pada edisi 2010 dan 2011.

3. Yu Yang

Yu Yang adalah salah satu legenda bulutangkis China yang dikenal sangat sukses dipasangkan dengan siapa saja. Contohnya saja dia bisa sukses meraih emas Olimpiade 2008 bersama Du Jing.

Baca Juga

Di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis, Yu Yang juga sukses meraih hattrick medali emas meskipun dengan pasangan berbeda.

Ya, Yu Yang pertama kali meraih emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis pada edisi 2010 bersama Du Jing.  Emas kedua diraih Yu Yang pada edisi 2011 bersama Wang Xiaoli.

Saat 2012 BWF tak menggelar Kejuaraan Dunia Bulutangkis, pada 2013, Yu Yang kembali berjaya dengan meraih emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis bersama Wang Xiaoli.

Baca Juga
Lin DanYu YangTRIVIABulutangkisBerita BulutangkisCai Yun/Fu HaifengIndepth

Berita Terkini