x

4 Atlet Bulutangkis dengan Gaya Servis Paling Unik, Banyak dari Indonesia

Sabtu, 2 Desember 2023 14:05 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Mari mengulas satu per satu deretan atlet top bulutangkis dengan gaya servis paling di luar nalar, termasuk dari Indonesia, yakni Fitriani dan Greysia Polii.

INDOSPORT.COM – Mari mengulas satu per satu deretan  atlet top bulutangkis dengan gaya servis paling di luar nalar, termasuk dari Indonesia, yakni Fitriani dan Greysia Polii.

Servis merupakan pukulan awal dalam permainan bulutangkis, di mana saat seorang atlet melakukan pukulan ini, pertanda permainan sudah dimulai.

Melansir laman Flypower, servis bulutangkis sangat banyak macamnya, mulai dari backhand, forehand, flick, smash, mendatar, dan pendek.

Semua jenis servis itu ada trik-trik khusus untuk melakukannya, karena salah sedikit saja, maka poin akan berujung pindah ke lawan.

Baca Juga

Saking pentingnya servis dalam permainan bulutangkis, muncul kisah unik dari beberapa atlet bulutangkis yang diklaim memiliki gaya servis paling unik di dunia.

INDOSPORT akan mengulas satu per satu gaya servis paling khas dari Greysia Polii, Fitriani, Kodai Naraoka, dan Chirag Shetty.

1. Greysia  Polii (Indonesia)

Peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 dari Indonesia, Greysia Polii, menjadi daftar pertama atlet bulutangkis yang memiliki gaya servis paling unik.

Semasa masih menjadi atlet, Greysia Polii dulunya sering menggunakan servis seperti ganda putri lainnya. Namun karena dia ada permasalahan bahu, maka memunculkan gerakan khas ‘menghentak.’

Baca Juga

Gerakan menghentak ini yang kerap kali bikin dagdigdug penonton lantaran pukulannya melambung sehingga berpotensi dikembalikan lawan dengan smash keras.

Namun beruntung, Greysia Polii selalu sigap menghadapi pukulan terusan lawan yang justru jadi sumber kekuatannya meraup gelar juara demi juara.

Sampai akhirnya, karena sejumlah evaluasi, Greysia Polii sebelum masa pensiunnya melakukan perubahan teknis servis.

Teknik servisnya sebenarnya sudah semakin langka dipakai oleh pemain ganda dan lebih banyak dilakukan oleh pemain tunggal, namun Greysia Polii sempurna melakukannya.

Baca Juga

1. Fitriani, Kodai Naroka, dan Chirag Shetty

Pemain spesialis ganda putra asal India, Chirag Shetty, juga dikenal memiliki gaya servis paling unik di dunia.

2. Fitriani  (Indonesia)

Selain Greysia Polii, atlet tunggal putri Indonesia, Fitriani, juga masuk deretan yang memiliki teknik servis paling unik di bulutangkis.

Fitriani dikenal memiliki servis lob mirip legenda Susy Susanti. Pukulan lob sendiri merupakan jenis servis untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lawan.

Gaya servisnya yang unik itu membuat Fitriani kerap tertangkap kamera bak penari hingga disebut ‘Nyai’ oleh kalangan Badminton Lovers.

Berikut adalah salah satu cuplikan video yang dilansir dari Youtube BWF saat Fitriani melakukan servis dengan gaya uniknya.

Baca Juga

3. Chirag Shetty (India)

Seperti Greysia Polii dan Fitriani, pemain spesialis ganda putra asal India, Chirag Shetty, juga dikenal memiliki gaya servis paling unik di dunia.

Partner Satwiksairaj Rankireddy itu dikenal memiliki servis raket goyang yang konon mengadopsi metode dari legenda Denmark sekaligus pelatihnya, Mathias Boe.

Untuk melakukannya, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty selalu menggoyangkan raketnya ke kanan dan ke kiri. Usut punya usut, hal ini dilakukan untuk memecah konsetrasi lawan.

Tak jarang karena tekniknya yang butuh waktu cukup lama ini, servis dari Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty juga dianggap ‘mendelay’ permainan.

Baca Juga

4. Kodai Naraoka (Jepang)

Meramaikan daftar pebulutangkis dengan teknik servis terunik setelah Greysia Polii, Fitriani, dan Chirag Shetty, ada sosok Kodai Naraoka dari Jepang.

Tunggal putri Jepang yang saat ini menapaki ranking tiga dunia itu diketahui sering memajumundurkan badannya sebelum melakukan servis.

Di media sosial, entah di Youtube atau pun di tiktok sering kali bertebaran video-video yang memparodikan momen saat Kodai Naraoka melakukan servis.

Bahkan ada julukan jika Kodai Naraoka melakukan servis goyang alih-alih servis polos sebagai kunci kesuksesan dirinya meraih gelar demi gelar.

Baca Juga
Greysia PoliiFitrianiTRIVIABulutangkisBerita BulutangkisChirag ShettyKodai NaraokaIndepth

Berita Terkini