Atlet Terbaik Asian Games 2018 Didiagnosis Leukimia

Kamis, 14 Februari 2019 11:22 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Getty Images
Rikako Ikee menjadi pemain terbaik atau MVP Asian Games 2018. Copyright: © Getty Images
Rikako Ikee menjadi pemain terbaik atau MVP Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM – Kabar menyedihkan datang dari cabang olahraga renang. Perenang asal Jepang, Rikako Ikee, dilaporkan menderita leukemia menjelang penampilannya di Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

Pada hari Selasa (12/02/19), peraih MVP atau atlet terbaik di Asian Games 2018 melalui akun Twitter-nya yang berbahasa Jepang mengumumkan kondisi kesehatannya saat ini.

Seperti yang dikutip dari laman Sport Inquirer, perenang berusia 18 tahun itu mengungkapkan bahwa ia mengidap leukemia usai menjalani tes sebelum berangkap pelatihan di Australia.

“Saya masih tidak bisa mempercayainya, dan saya dalam keadaan bingung,” tulis Ikee dalam statusnya.

Dalam statusnya, Ikee melanjutkan bahwa ia berharap bisa pulih, namun ia sangat menyesal tidak bisa berkompetisi untuk sementara waktu.

“Saya akan mengambil cuti beberapa hari untuk saat ini dan fokus pada perawatan untuk melakukan yang terbaik agar saya bisa menunjukkan kepada Anda secepat mungkin bahwa Rikako Ikee bisa lebih kuat,” lanjutnya.

Dengan kondisi Ikee saat ini, pejabat Federasi Renang Jepang pun langsung menggelar konferensi pers dan menyatakan bahwa Ikee akan menerima perawatan intensif di rumah sakit.

Selama kariernya, Ikee dianggap sebagai salah satu perenang terbaik di dunia di nomor gaya renang kupu-kupu 100 meter. Ia pernah mencatatkan rekor dunia 55,48 detik di nomor tersebut dalam kompetisi renang yang diselenggarakan oleh Sarah Sjostrom dari Swedia.

Ikee memenangkan enam medali emas di turnamen Asian Games Jakarta tahun lalu. Ia bahkan digadang-gadang sebagai ikon Olimpiade 2020 yang berlangsung di negara asalnya.

“Jika semua berjalan dengan baik, saya pikir saya akan bisa mencetak rekor dunia,” kata Ikee ketika ia terpilih sebagai MVP Asian Games tahun lalu.

Ikuti Terus Berita Olimpiade  dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM