Bersinar di Olimpiade, Ranomi Kromowidjojo Perenang Belanda-Jawa Resmi Pensiun

Kamis, 27 Januari 2022 18:50 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Lintao Zhang/Getty Images
Ranomi Kromowidjojo, perenang Belanda keturunan Indonesia resmi pensiun Copyright: © Lintao Zhang/Getty Images
Ranomi Kromowidjojo, perenang Belanda keturunan Indonesia resmi pensiun

INDOSPORT.COM – Perenang Belanda keturunan Jawa, Ranomi Kromowidjojo, mengumumkan pensiun dari karier profesionalnya setelah sempat menjadi sorotan di Olimpiade Tokyo 2020.

Kepastian ini diumumkan langsung oleh Ranomi melalui unggahan di akun media sosial di Instagram pada Kamis (27/01/22) dengan menceritakan perjalanan kariernya selama 16 tahun.

“Saya pensiun dari renang profesional,” demikian tulis Ranomi membuka pesan terbukanya itu.

Ranomi mulai belajar berenang sejak usia 3 bulan dari neneknya yang orang Belanda dan berhasil mengantongi ijazah renang pada usia empat tahun.

“Berenang akan selalu menjadi gairah saya, tetapi tidak di level profesional lagi. Saya selalu tahu bahwa ada lebih dari olahraga top, dan ini bagian dari keseluruhan yang lebih besar,” lanjut Ranomi.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ranomikromo (@ranomikromo)

Wanita berusia 31 tahun ini merasa sudah saatnya dia meletakkan kariernya setelah mencapai jauh lebih banyak dari apa yang dia impikan selama ini termasuk meraih berbagai medali di ajang Olimpiade

Kini saatnya dia menggunakan pengalaman profesionalnya di dunia renang untuk melangkah ke tantangan berikutnya, yakni menginspirasi orang lain.

Ranomi mengungkapkan rencananya setelah pensiun, di mana dia mungkin akan menulis buku tentang ilmu renang dan pengalaman indahnya selama menjadi perenang profesional.

“Saya belum tahu persis seperti apa bentuknya. Tapi satu hal yang saya tahu, ini bukan akhi.  Saya bisa menulis buku yang penuh pelajaran, kenangan indah, persahabatan yang berharga, dan semua yang saya alami sebagai “pro”,” lanjut Ranomi.