5 Kisah Klub 'Underdog' yang Jadi Inspirasi Leicester

Rabu, 10 Februari 2016 20:30 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono
 Copyright:

Menilisik perjalanan sejarah sepakbola memang selalu membawa kita semakin dalam mencintai olahraga ini dan memaksa kita untuk memandang bahwa sepakbola merupakan olahraga paling romantis di jagat ini.

Bagaimana tidak, sepanjang sejarahnya sepakbola telah melahirkan klub-klub yang berhasil muncul sebagai juara setelah menjalani serangkaian perjuangan berat yang berujung indah.

Meskipun saat ini banyak klub-klub kaya yang secara gila-gilaan menggelontorkan dana untuk menghadirkan pemain-pemain berkelas untuk mengamankan gelar dan membangun dinasti.

Namun seirama dengan filosofi bola itu bundar, sepakbola selalu memiliki banyak kemungkinan dan ketidakpastian yang kerap memunculkan fenomena-fenomena mengagetkan.

Maka jangan heran jika ada sebuah klub yang sudah jor-joran menghabiskan dana selangit harus kehilangan mimpi dan ambisinya menjadi yang terkuat dan tak terkalahkan.

Fenomena Leicester City yang melejit secara sensasional sebagai klub underdog yang tidak diperhitungkan mengingatkan kita pada sejumlah klub Eropa yang berhasil menaklukkan kejamnya monopoli klub kaya pada jamannya.


Ekspresi kegembiraan para penggawa Leicester saat mempecundangi klub kaya The Citizens yang bakal jadi kenangan terindah dalam sejarah klub. 

Laju mematikan Jamie Vardy, keterampilan halus Riyad Mahrez serta kekuatan sosok Ngolo Kante sebagai pemain-pemain berbandrol murah yang tampil tak terbendung membuat klub kaya sekelas Manchester City gigit jari menyaksikan gawang mereka terkoyak-koyak.

Seluruh dunia pun sontak mengapresiasi dan mendukung klub berjuluk The Foxes tersebut untuk menggapai mimpi mereka yang dianggap sebagaian orang sebagai hal yang mustahil.

Namun tahukah anda, jauh sebelum kemunculan Leicester City musim ini dengan segala kegilaannya sejumlah klub yang bisa dibilang memiliki nasib dan langkah yang sama telah lebih dulu mengukir sejarahnya sebagaimana terangkum kisahnya dalam ulasan INDOSPORT berikut.

566