Pertandingan Klasik

(VIDEO) Ketika Uni Soviet Bungkam Brasil dengan 10 Pemain di Final Olimpiade

Selasa, 9 Agustus 2016 16:00 WIB
Editor: Randy Prasatya
 Copyright:

Sejak tahun 1956 tim Soviet telah bekerja keras untuk bersaing di dunia sepakbola. Mereka terkenal sulit untuk dikalahkan negara-negara besar, namun kerap gagal meraih gelar top.

Sejatinya Soviet hanya mampu meraih perunggu pada Olimpiade 1972, 1976, dan 1980. Meski pada laga selanjutnya negara-negara Eropa bagian barat menggunakan pemain muda di ajang selanjutnya, Soviet tetap gagal.

Pada perhelatan Olimpiade 1988, negara Eropa dan Amerika Selatan diizinkan menggunakan pemain professional, tetapi pemain pro tersebut hanya yang tidak bermain di pertandingan Piala Dunia.

Di kesempatan itu Soviet berhasil memanfaatkan momentum tersebut hingga menyulitkan Brasil di laga puncak.

Tim besutan Anatoliy Byshovets di laga perebutan medali emas menurnkan formai 4-4-2. Volodymyr Lyuty dan Volodymyr Tatarchuk jadi ujung tombak Soviet guna merobek pertahanan Brasil.

Sedangkan Brasil menurunkan deretan nama-nama pemain top yang saat itu masih berusia muda. Carlos Alberto Silva memainkan formasi 4-3-3 dengan trisula yang diisi oleh Romario, Bebeto dan Careca.

Lantas bagaimana kisah Soviet dalam membendung skema permainan Brasil yang kala itu dikenal sangat atraktif? Berikut ulasan dari INDOSPORT.

136