4 Penyerang Indonesia Peraih Top Skor Piala AFF

Sabtu, 3 September 2016 19:15 WIB
Editor: Gerry Anugrah Putra
 Copyright:

Indonesia menjadi peserta Piala AFF yang paling sering menyumbangkan pencetak gol terbanyak. Bersama Thailand, Indonesia sama-sama mengemas empat kali memperoleh gelar pencetak gol terbanyak memalui penyerang-penyerang terbaiknya.

Berawal dari torehan Gendut Doni Christiawan pada Piala AFF 2000, tradisi itu berlanjut dua tahun kemudian. Kali ini Bambang Pamungkas meneruskan torehan gelar tersebut. Penyerang Persija Jakarta yang andal dalam finishing bola atas itu mengemas 8 gol selama turnamen.

Gelaran Piala AFF berikutnya, yakni Piala AFF 2004, Ilham Jayakusuma menjadi suksesor tradisi pencetak gol terbanyak. Pemain Persita Tangerang itu menjadi andalan Garuda dengan torehan 7 gol. Sayang, penampilan apik Ilham bersama Timnas tak menghasilkan gelar. Indonesia kalah dua kali dari Singapura di laga final.

Budi Sudarsono meneruskan tradisi pemain Indonesia yang mencetak gol terbanyak di Piala AFF. Tapi Budi tidak sendiri, bersama Teerasil Dangda dan Agu Casmir, Budi sama-sama mencetak 4 gol.

Tim INDOSPORT akan membahas empat top skor Piala AFF asal Indonesia. Mulai dari penampilannya di timnas hingga gol penentu kemenangan Indonesia.

809