Ambisi 100 Tahun Xi Jinping untuk Sepakbola China

Sabtu, 7 Januari 2017 19:25 WIB
Penulis: Rendy Gusti | Editor: Joko Sedayu
 Copyright:

Langkah persepakbolaan China yang tengah jorjoran memang menjadi sebuah perbincangan hangat di seluruh dunia. Hal tersebut dikarenakan nominal harga luar biasa yang rela dikeluarkan sejumlah klub untuk memboyong nama-nama pesepakbola tenar di Eropa.

Sebut saja Oscar dari Chelsea dan Carlos Tevez dari Boca Juniors. Kedatangan pemain tersebut membuat mereka dinobatkan menjadi pesepakbola dengan bayaran termahal di dunia. Tevez dikabarkan menerima bayaran hingga 32 juta poundsterling per tahun atau setara dengan Rp523 miliar.


Tevez menjadi pesepakbola dengan gaji terbesar di dunia saat ini.

Paling anyar, pesepakbola lainnya yang mengikuti jejak Tevez adalah rekan setim Oscar di Chelsea, Mikel John Obi (Tianjin Teda) dan juga gelandang tangguh asal Belgia, Axel Witsel (Tianjin Quanjian).

Menurut Presiden China, Xi Jinping, kedatangan para pemain top Eropa tersebut diharapkan bisa meningkatkan pembinaan sepakbola dan juga pemasaran di China. Ambisi besar yang ia lakukan tersebut sudah dicanangkan sejak tahun 2015 lalu.


Presiden China, Xi Jinping tengah merevolusi persepakbolaan China.

"Harapan terbesar saya untuk persepakbolaan China adalah untuk menjadi salah satu yang terbaik di dunia," ujarnya kala itu, seperti dilansir dari New York Times.

Hal tersebut pun ia tunjukkan dengan menata ulang sepakbola profesional di Liga Super China dan menumbuhkan generasi-generasi pesepakbola baru dengan menciptakan puluhan ribu lapangan sepakbola. Selain itu, ia juga akan memberikan arahan dan pengajaran sepakbola di setiap sekolah.

Beberapa ambisi dari Xi Jinping terhadap perkembangan sepakbola China tentu menjadi pembahasan menarik untuk dikulik akan seperti apa ke depannya. Berikut INDOSPORT menyajikan ambisi 100 tahun Xi Jinping untuk sepakbola China:

1