5 Bek Tangguh yang Berhasil Menghentikan Pergerakan Ronaldo

Jumat, 27 Januari 2017 22:19 WIB
Penulis: Arie Kusnandar | Editor: Tengku Sufiyanto
© Getty Images
Cristiano Ronaldo beberapa kali dihentikan dan dibuat tak berkutik oleh lawan. Copyright: © Getty Images
Cristiano Ronaldo beberapa kali dihentikan dan dibuat tak berkutik oleh lawan.

Cristiano Ronaldo menjadi salah satu striker paling berbahaya di dunia saat ini. Ia sudah mencetak 501 gol dan 183 assists dalam 666 laga bersama Sporting Lisbon, Manchester United (MU), Real Madrid, dan Tim Nasional (Portugal).

Keberhasilan itu membuat pemain berumur 31 tahun tersebut menjadi salah satu pemain terbaik dunia saat ini. Ronaldo sudah mengoleksi bermacam-macam gelar bersama seluruh klub yang pernah dibelanya. Untuk urusan individu, ia sudah memperoleh empat gelar pemain terbaik dunia (2008, 2013, 2014, dan 2016).
 


Cristiano Ronaldo saat menerima penghargaan pemain terbaik dunia tahun 2016 versi FIFA.

Pemain kelahiran 5 Februari 1985 tersebut memulai kegemilangannya saat berseragam Man United. Di transfer dari Sporting Lisbon, Ronaldo langsung menjelma sebagai pemain muda potensial di bawah pelatih Sir Alex Ferguson ketika itu.

Total dirinya mempersembahkan sembilan gelar untuk MU, di antaranya tiga kali juara Liga Primer Inggris (2006/07, 2007/08, dan 2008/09) serta satu trofi Liga Champions tahun 2008. Di Man United, Ronaldo berhasil mengemas 118 gol dan menyumbangkan 62 assists dari 291 pertandingan sebelum akhirnya hijrah ke Real Madrid dengan label pemain termahal dunia saat itu.
 

Cristiano Ronaldo saat berseragam Manchester United.

Ronaldo melanjutkan kegemilangan kiprahnya di Madrid. Ia sukses membawa Los Blancos menjadi tim yang menakutkan di La Liga Spanyol, Eropa, bahkan dunia.

Pemain yang memiliki julukan CR7 itu hingga saat ini sukses membawa Madrid meraih sembilan gelar juara. Ronaldo hingga saat ini juga sudah mengoleksi 383 gol dan 120 assists dari 372 pertandingan yang dimainkan bersama Los Blancos  di semua ajang kompetisi.
 


Cristiano Ronaldo menjadi pemain andalan Real Madrid.

Di level Timnas, Ronaldo juga meraih kesuksesan bersama Portugal. Ronaldo di umurnya yang masih belia pernah membawa Timnas Portugal melaju ke final Euro 2004, sebelum akhirnya dikalahkan Yunani 0-1 pada laga final. Ronaldo akhirnya membawa Timnas Portugal meraih gelar juara Euro 2016.

Prestasi terbaik Ronaldo bersama Timnas Portugal di Piala Dunia adalah semifinal. Ronaldo mengantarkan Portugal melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2006 yang berlangsung di Jerman. Ketika itu, langkah Portugal dihentikan Prancis.
 


Cristiano Ronaldo saat mengangkat trofi Euro 2016 bersama para pemain Timnas Portugal.

Namun di balik kegemilangannya, Ronaldo beberapa kali tidak bisa membobol gawang lawan alias mandul. CR7 seperti kehilangan ketajamannya. Memang ada beberapa pemain belakang yang mampu membuat Ronaldo tak berdaya. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya yang sudah dirangkum INDOSPORT.

1.8K