Liga Primer Inggris

Ketika Tangis Sadio Mane Menjadi Kebahagian Fans Liverpool

Minggu, 29 Januari 2017 14:15 WIB
Editor: Ahmad Priobudiyono
© KHALED DESOUKI/AFP/Getty Images
Sadio Mane tampak menutup wajahnya setelah gagal mencetak gol. Copyright: © KHALED DESOUKI/AFP/Getty Images
Sadio Mane tampak menutup wajahnya setelah gagal mencetak gol.

Mane menjadi algojo terakhir yang menentukan drama adu penalti setelah Kamerun sukses menuntaskan lima kesempatan. Namun bola hasil tendangannya yang mengarah ke tengah gawang berasil ditepis kiper Kamerun, Fabrice Ondoa.

Tangis Mane pun lantas pecah, ia bahkan tak mampu mengendalikan emosi kekecewaannya, hingga harus dipapah oleh beberapa rekan dan staf tim Senegal untuk meninggalkan lapangan pertandingan.

Kegagalan Mane di ajang Piala Afrika tentunya menyisakan kesedihan bagi para pendukung Senegal, namun sepertinya tidak bagi pendukung Liverpool. Maklum, para pendukung Liverpool memang sudah lama merindukan Mane yang absen membela The Reds dalam beberapa laga terakhir.

Liverpool diakui kesulitan meraih kemenangan sejak ditinggal Mane ke Piala Afrika. Terakhir, Liverpool harus menelan tiga kekalahan beruntun di kandang sendiri, Stadion Anfield. (Kalah 2-3 dari Swansea City di Liga Primer, kalah 0-1 dari Southampton di Piala Liga, dan dipecundangi 1-2 Wolverhampton Wanderers di Piala FA).

Berdasarkan data yang dirilis oleh 101Greatgoals pada Minggu (29/01/17), ketiadaan Mane telah memberikan telah dampak signifikan pada catatan kemenangan Liverpool. Bersama Mane Liverpool sukses memenangkan 71,4 persen laga, namun tanpa kehadirannya, Liverpool hanya mampu mencatat 33,3 persen kemenangan.

Catatan tersebut menjadi mimpi buruk bagi Liverpool sejak awal tahun 2017. Bahkan sang pelatih, Jurgen Klopp menyebut hal tersebut sebagai momentum terburuk yang pernah ia rasakan sepanjang karier kepelatihannya di Inggris.

"Saya bertanggung jawab, tidak ada yang boleh menyalahkan pemain secara pribadi," kata Klopp seperti dikutip Squawka.

Maka dari itu, wajar ketika para pendukung Liverpool merasa bahagia dengan kekalahan Senegal di ajang Piala Afrika, seraya berharap penyerang andalan mereka, Sadio Mane bisa segera kembali memperkuat tim kesayangan mereka. 

Apalagi, Liverpool akan berhadapan dengan pemuncak klasemen sementara Liga Primer Inggris, Chelsea dalam lanjutan pekan ke-23 di Stadion Anfield pada (01/02/17) mendatang. Kemenangan menjadi hal wajib yang harus diraih Liverpool jika tidak ingin semakin jauh tertinggal dari persaingan perebutan gelar juara Liga Primer musim ini.

Pasalnya, Liverpool saat ini berada di posisi ke empat klasemen sementara dengan 45 poin terpaut 10 angka dari Chelsea yang sudah mengoleksi 55 poin di puncak klasemen.

354