Liga 1 Indonesia

Diundang Berdamai Ridwan Kamil, Begini Respons Bobotoh dan The Jakmania

Rabu, 2 Agustus 2017 20:35 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Rizky Pratama Putra
 Copyright:

Ketua Umum The Jakmania, Ferry Indrasjarief, menyambut baik undangan Ridwan Kamil untuk menggelar pertemuan antara pihak The Jakmania dengan Bobotoh (penggemar Persib). Meski undangan tersebut berbarengan dengan acara Islah Perdamaian Antarsuporter yang digelar Kemenpora pada Kamis (03/08/17).

"Saya rapat dulu sama pengurus karena ada acara di Kemenpora. Nanti mungkin akan ada pembagian tugas siapa yang ke Kemenpora dan ke Bandung,” ujar pria yang akrab disapa Bung Ferry tersebut.

© Twitter/MafiaWasit
The Jakmania dan Bobotoh saat melakukan aksi 1.000 lilin di Stadion Patriot. Copyright: Twitter/MafiaWasitThe Jakmania dan Bobotoh saat melakukan aksi 1.000 lilin di Stadion Patriot.

Bung Ferry mengaku tak terlalu mengambil pusing jika ada anggapan jika undangan dari Ridwan Kamil bagian dari gerakan politis. Meski sedikit terganggu dengan isu politis, namun Bung Ferry tetap menyambut inisiatif sang walikota untuk menggagas aksi damai The Jakmania dan Bobotoh.

“Saya pribadi terganggu, tapi kalau saya melihat itu justru membuat proses berjalan mulus maka saya ikuti saja. Tidak mau suudzon dulu lalu saya juga selalu mengumpulkan Korwil pengurus saat memutuskan sesuatu,” tambahnya.

© Lanjar Wiratri/Indosport.com
Ferry Indrasjarief, ketua Jakmania Copyright: Lanjar Wiratri/Indosport.comFerry Indrasjarief, ketua Jakmania

Sementara itu ketua Viking Persib Club (VPC), Heru Joko, juga menyambut baik rencana Ridwan Kamil untuk mempertemukan perwakilan Jakmania dan Bobotoh di Bandung. Wali Kota yang akrab disapa Kang Emil itu memang dikenal cukup mengikuti perkembangan sepakbola Tanah Air.

Kang Emil bahkan sempat mengutuk pengeroyokan oknum Bobotoh pada Ricko Andrean yang akhirnya tewas,

“Ini kan tidak menyangkut politik atau apa, ini menyangkut orang banyak jadi positif thinking saja. Wali Kota Bandung sempat menghubungi bahwa Kamis (03/08/17) ada acara,” ujar Heru.

“Tapi ikuti acara di sini (Kemenpora) dulu saja karena duluan di sini. Sama panitianya juga positif semua buat orang banyak. Semua tidak dibuat-buat, dari Jakarta dan Bandung mau datang. Permintaan saya untuk datang ke perbatasan banyak banget,” tutupnya.

© INTERNET/vikingpersib.co.id
Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil Copyright: INTERNET/vikingpersib.co.idWali Kota Bandung, Ridwan Kamil

Sebelumnya, Ridwan Kamil sempat mengatakan sudah berkomunikasi untuk mengundang perwakilan dari The Jakmania dan Persija Jakarta ke Bandung. Bahkan, kabar terakhir akan ada rombongan besar yang bakal datang ke undangannya tersebut.

"Hari Kamis atau Jumat rombongan The Jak mau datang ke Bandung, dipimpin oleh pimpinan dan pemilik Persija Pak Gede. Sedang diatur waktunya," ujar Wali Kota yang akrab disapa Kang Emil ini seperti dikutip dari Kompas.com.

Undangan dari Kang Emil ini sendiri dilatarbelakangi oleh tewasnya Ricko Andrean karena dugaan pengeroyokan. Ricko meregang nyawa karena disinyalir melindungi seorang The Jakmania yang akan diserang oleh oknum Bobotoh.

 
30