Audi Cup 2017

Atletico 1-1 (5-4) Liverpool: Rojiblancos Juara Audi Cup

Kamis, 3 Agustus 2017 03:41 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Babak Pertama

Sepanjang 10 menit babak pertama, Liverpool mampu mendominasi penguasaan bola dan gencar melakukan serangan ke jantung pertahanan Atletico Madrid. Dominic Solanke nyaris saja membuka keunggulan bagi The Reds seandainya bola sundulannya yang memanfaatkan umpan Woodburn tidak sedikit melenceng dari gawang Miguel Moya.

Empat menit berselang, Woodburn kembali memberi ancaman nyata di lini pertahanan Atletico. Bermula dari aksi individual Adam Lallana yang dilanjutkan dengan umpan ke dalam kotak penalti, Woodburn melepaskan tendangan voli. Beruntung bagi Rojiblancos, bola tendangan masih sedikit melambung di atas mistar gawang.

Tampil terus menekan, Liverpool secara mengejutkan malah harus tertinggal lebih dulu dari Atletico. Keidi Bare sukses membuka keunggulan bagi Atletico pada menit ke-33.

Dengan mudah pemain yang baru berusia 19 tahun itu menyundul bola mentah hasil tembakan Correa yang sebelumnya membentur mistar gawang. Skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Atletico.

Tertinggal lebih dulu dari Atletico membuat Liverpool mencoba meningkatkan permainan menyerangnya. Di menit ke-37, Mane mampu menggiring bola hingga sisi kanan kotak penalti Atletico dan langsung melanjutkannya dengan sebuah umpan silang.

Sayang, di dalam kotak penalti tidak ada rekan-rekannya yang mampu meneruskan bola. Skor 1-0 untuk keunggulan pasukan Diego Simeone pun bertahan hingga akhir babak pertama.

Babak Kedua

Pasca 15 menit jeda babak pertama, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp langsung melakukan banyak pergantian pemain. Roberto Firmino, Marko Grujic, dan Jordan Henderson langsung dimasukkan demi menambah daya gedor The Reds.

Hasilnya pun langsung terlihat jelas. Kombinasi Firmino dan Solanke beberapa kali membuat kiper Miguel Moya harus bekerja keras untuk mengamankan gawangnya. Sayang hingga menit ke-70, setiap peluang yang mereka ciptakan selalu terbentur ketatnya pertahanan Atletico.

Tidak ingin terus bermain bertahan, Diego Simeone mulai mencoba mengganti pola permainannya menjadi sedikit menyerang dengan memasukkan Antoine Griezmann dan Fernando Torres, yang sebelumnya dicadangkan pada babak pertama.

Ketika pertandingan tinggal menyisakan delapan menit waktu normal, petaka menghampiri kubu Atletico. Wasit menunjuk titik putih untuk Liverpool setelah Gabi melakukan tekel kepada Origi di kotak terlarang.

Tidak ingin menyiakan kesemaptan emas, Firmino yang ditunjuk sebagai eksekutor penalti pun sukses mengecoh Moya dengan tendangan yang diarahkan ke pojok kanan gawang. Skor menjadi imbang 1-1 yang bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Hasil imbang tersebut pun membuat pertandingan terpaksa dilanjutkan ke babak adu penalti.

Di babak adu penalti sendiri, Atletico akhirnya berhasil dinyatakan sebagai pemenang setelah lima pemainnya sukses membobol gawang, sementara satu pemain Liverpool, Henderson gagal melaksanakan tugasnya dengan baik.

Atas kemenangan ini, Atletico pun berhak menyandang gelar juara Audi Cup 2017.

Susunan Pemain Kedua Tim:

Atletico Madrid (4-4-2): Miguel Angel Moya, Angel Correa, Augusto Fernandez, Sergio Gonzalez, Sime Vrsaljko, Matias Kranevitter, Luciano Dario Vietto, Thomas, Keidi Bare, Jose Gimenez, Lucas Hernandez.
Cadangan: Filipe Luis, Antoine Griezmann, Fernando Torres, Gabi, Stefan Savic, Juanfran, Nicolas Gaitan, Axel Werner, Roberto Olabe, Amath.
Pelatih: Diego Simeone.

Liverpool (4-3-3): Danny Ward, Dominic Solanke, Georginio Wijnaldum, Benjamin Woodburn, James Milner, Joseph Gomez, Ragnar Klavan, Sadio Mane, Adam Lallana, Emre Can, Jon Flanagan.
Cadangan: Loris Karius, Roberto Firmino, Trent Alexander-Arnold, Ovie Ejaria, Jordan Henderson, Marko Grujic, Simon Mignolet, Andrew Robertson, Divock Origi, Joel Matip, Ryan Kent.
Pelatih: Jurgen Klopp.

2.5K