Liga 1 Indonesia

Kapten Timnas Afghanistan Jadi Penentu Masa Depan Marquee Player Persiba

Minggu, 6 Agustus 2017 00:42 WIB
Kontributor: Teddy Rumengan | Editor: Rizky Pratama Putra
© bolapedia.xyz
Anmar Almubaraki akan ditentukan nasibnya oleh kapten Timnas Afghanistan. Copyright: © bolapedia.xyz
Anmar Almubaraki akan ditentukan nasibnya oleh kapten Timnas Afghanistan.

Rencana Manajemen Persiba Balikpapan melakukan seleksi kapten Tim Nasional (Timnas) Afghanistan Faysal Shayesteh nampaknya bakal terganjal regulasi PSSI maupun Pemerintah. Hal itu disampaikan Manajer Umum Persiba, Ryan Chong.

Faysal sendiri sebenarnya sudah tiba di Balikpapan, Jumat (04/08/17) malam. Rencananya, Sabtu (05/08) sore, sudah ikut berlatih.

“Kita belum tahu bisa tidak, karena kan ada ada regulasi PSSI dan aturan Pemerintah soal CH (Clearance House),” ujar Ryan.

© Persiba Balikpapan
Faysal Shayesteh pemain anyar Persiba Balikpapan. Copyright: Persiba BalikpapanFaysal Shayesteh, calon pemain anyar Persiba Balikpapan.

Karenanya kata Ryan, kemungkinan mantan pemain FC Tweente U-19 itu mengikuti seleksi masih menunggu konfirmasi dari PSSI. Karena Afganistan termasuk dalam kategori CH atau rawan.

“Makanya kita lihat situasinya, bisa ikut seleksi atau tidak. Karena memang ada regulasinya,” ucapnya.

“Kecuali dia sebelumnya sudah pernah bermain di Indonesia, peluangnya cukup besar, itu soalnya,” tambah Ryan.

Faysal sebenarnya memiliki dua paspor, selain Afghanistan juga Belanda. Persiba berencana merekrut Faysal sebagai pemain asia, karena untuk kuota pemain non-Asia sudah di tempati Srdan Lopicic

“Dia punya paspor Belanda dan Afghanistan, kita inginnya dia paspor Asia, kalau non-Asia sudah ada,” imbuhnya.

© YouTube
Anmar Almubaraki saat masih membela Denizlispor. Copyright: YouTubeAnmar Almubaraki saat masih membela Denizlispor.

Dengan kemungkinan gagalnya Faysal mengikuti seleksi, peluang Anmar Almubaraki diperpanjang kontraknya hingga akhir musim terbuka. Pasalnya, Anmar memiliki paspor Irak, selain Belanda. 

Status Anmar pun akan menjadi pemain Asia dari sebelumnya terdaftar sebagai marquee player. Hal ini mengingat tenggat waktu bursa transfer yang mepet jelang putaran kedua.

3