Piala AFF U-18

Disebut Manuel Neuer-nya Timnas U-19, Ini Persiapan Muhammad Riyandi

Senin, 11 September 2017 14:23 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ramadhan
 Copyright:

Kiper Timnas Indonesia U-19,  Muhammad Riyandi belakangan mencuri perhatian pencinta sepakbola nasional, bahkan media asing asal Vietnam, VFF.org, menyandingkannya dengan kiper milik Bayern Munchen, Manuel Neuer.

Mereka menilai kiper berusia 17 tahun tersebut memiliki potensi besar dan bakal bersinar sebagai bintang di masa depan. Apalagi hingga saat ini, Riyandi terus menunjukkan performa yang cukup baik di bawah mistar gawang.

Akan tetapi hal itu rupanya tidak terlalu diperdulikan oleh Riyandi. Ia lebih memilih untuk mempersiapkan diri dan fokus menghadapi Vietnam yang berlangsung hari ini, Senin (11/09/17) sore pada laga ketiga Grup B Piala AFF U-18 2017 di Stadion Thuwunna, Yangon.

© INTERNET
Kondisi kiper timnas U-19, Muhammad Riyandi yang cedera karena berbenturan dengan pemain Myanmar. Copyright: INTERNETKondisi kiper timnas U-19, Muhammad Riyandi yang cedera karena berbenturan dengan pemain Myanmar.

"Kami saat ini fokus buat menang. Mungkin saya harus lebih mengantisipasi bola-bola umpan silang mereka," ucap Muhammad Riyandi seperti dilansir dari Goal.

Riyandi sepenuhnya menyadari jika Vietnam bukan lawan yang mudah untuk ditaklukkan, lantaran saat ini tim muda The Golden Star berada di puncak klasemen sementara Grup B dengan enam poin, serta mampu melesakkan 13 gol dan cuma kemasukkan satu gol.

Meski demikian, kiper masa depan Barito Putera ini sudah memiliki cara sendiri untuk menahan gempuran Nguyen Hong Son dan kawan-kawan. Riyandi mengaku telah melakukan beberapa persiapan khusus yang kerap dilakukannya setiap jelang pertandingan.

© Facebook/@MFFMYANMAR
Selebrasi Timnas U-19 usai membobol gawang Filipina. Copyright: Facebook/@MFFMYANMARSelebrasi Timnas U-19 usai membobol gawang Filipina.

"Biasanya sebelum bertanding saya nonton video pertandingan lawan dulu. Kemudian, saya bertanya atau diskusi dengan pelatih apa yang harus dilakukan," tuturnya.

Pada laga sore nanti, Riyandi masih berpeluang untuk mengisi pos penjaga gawang utama, pasalnya dalam dua laga awal Grup B Piala AFF U-18 ini ia dipercaya menjadi kiper nomor satu dan baru kebobolan satu gol.

Karenannya Riyandi tak lupa bersyukur atas pengalaman berharga yang didapatnya saat membela tim Garuda Nusantara.

"Alhamdulillah senang bisa dapat jam terbang yang lebih lagi pengalaman di level internasional," tutupnya.

© Taufik Hidayat/INDOSPORT
Indra Sjafri memberikan instruksi di sesi latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion H Agus Salim. Copyright: Taufik Hidayat/INDOSPORTIndra Sjafri memberikan instruksi di sesi latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion H Agus Salim.

Laga Timnas U-19 vs Vietnam memang menarik perhatian, lantaran tim yang keluar sebagai pemenang akan dipastikan meraih tiket ke babak semifinal untuk bergabung dengan Malaysia dan Thailand yang sudah lebih dulu lolos. Bahkan media Vietnam, Bongdanet memberikan prediksi tersendiri.

Bongdanet, menyatakan bahwa lawan sesungguhnya Vietnam adalah Indonesia dan juga tuan rumah, Myanmar. Media tersebut bahkan secara gamblang mengatakan Vietnam yang saat ini bercokol di puncak klasemen karena unggul selisih gol dari Indonesia, dapat saja tersingkir bila mereka meremehkan skuat Indra Sjafri tersebut nantinya.

364