La Liga Spanyol

Neymar dan Dembele: Korban 'Kutukan' Pemain Nomor 11 Barcelona

Senin, 18 September 2017 21:11 WIB
Editor: Ramadhan
© getty images
Ousmane Dembele. Copyright: © getty images
Ousmane Dembele.

Ousmane Dembele tak bermain penuh saat membela Barcelona pada laga tandang menghadapi Getafe di pekan keempat La Liga Spanyol 2017/18. Pemain berusia 20 tahun itu harus ditarik keluar lantaran mengalami cedera tepat di menit ke-29 dan digantikan Gerard Deulofeu.

Cederanya Dembele tentu jadi sebuah kerugian untuk Barcelona yang tengah berusaha mempertahankan puncak klasemen sementara La Liga. Meski begitu, Blaugrana tampaknya tak terlalu pusing karena masih ada nama Gerard Deolufeu yang bisa ditempatkan di sayap kiri.

© INDOSPORT
Ousmane Dembele alami cedera hamstring saat lakoni pertandingan kontra Getafe. Copyright: INDOSPORTOusmane Dembele alami cedera hamstring saat lakoni pertandingan kontra Getafe.

Yang jadi masalah bukanlah persoalan siapa pengganti Dembele di lini serang Barcelona pada laga-laga nanti. Namun, ada hal yang cukup menyita perhatian terutama soal cederanya mantan pemain Borussia Dortmund tersebut saat masih seumur jagung membela Blaugrana.

Dembele mulai disamakan dengan Neymar sebagai pemain nomor punggung 11 yang mengalami nasib sial di skuat utama El Barca. Pasalnya, kedua pemain tersebut mengalami hal yang nyaris identik, terutama soal cedera yang didapat, dan beberapa fakta menguatkan hal itu.

Hal identik pertama adalah momen cedera keduanya yang didapat saat menghadapi tim yang sama yakni melawan Getafe pada laga tandang di La Liga Spanyol pada saat skor 0-0. Kedua, baik Dembele dan Neymar juga sama-sama memakai nomor punggung 11 dan bermain di posisi sayap kiri.

© Indosport.com
Ousmane Dembele (Barcelona) dan Neymar (Barcelona) Copyright: Indosport.comOusmane Dembele (Barcelona) dan Neymar (Barcelona)

Cedera pertama yang didapat Dembele dan Neymar bersama Barcelona pun didapat saat keduanya baru menginjak musim pertamanya atau berstatus sebagai pemain baru. Jika dilihat menit bermain, cedera Dembele dan Neymar juga terjadi di menit yang kurang lebih hampir sama yakni menit ke-24.

Meski Dembele cedera, Barcelona tetap berhasil meraih kemenangan penting atas tuan rumah Getafe dengan skor tipis 2-1. El Barca kini kokoh di puncak klasemen sementara La Liga dengan catatan 12 poin.

762