Misi 'Terselubung' di Balik Kedatangan Legenda Arsenal dan Liverpool ke Balikpapan

Jumat, 6 Oktober 2017 00:13 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Rizky Pratama Putra
© INDOSPORT/Petrus Manus Da'Yerrimon
Bima Sakti bakal mengawaki rekan-rekannya eks Timnas Indonesia dalam ajang Balikpapan Masters. Copyright: © INDOSPORT/Petrus Manus Da'Yerrimon
Bima Sakti bakal mengawaki rekan-rekannya eks Timnas Indonesia dalam ajang Balikpapan Masters.

Laga persahabatan lintas benua akan digelar di Balikpapan Internasional Stadium atau biasa dikenal dengan Stadion Batakan, kandang Persiba Balikpapan, 5 November 2017. Para legenda tim Arsenal, Liverpool, dan Timnas Indonesia akan dipertemukan dalam pertandingan tersebut. 

Kedatangan eks pemain Arsenal dan Liverpool kali ini merupakan bagian dari rangkaian tur Masters Football Asia untuk kawasan Asia Tenggara. Balikpapan menjadi kota pertama yang dikunjungi sebelum pertandingan serupa yang akan digelar di Singapura.

© INDOSPORT/Petrus Manus DaYerrimon
Sejumlah eks pemain Timnas Indonesia yang bakal turun di ajang Balikpapan Masters. Copyright: INDOSPORT/Petrus Manus DaYerrimonSejumlah eks pemain Timnas Indonesia yang bakal turun di ajang Balikpapan Masters.

Karenanya, pihak promotor mengaku sengaja menghadirkan laga kelas 'dunia' itu Balikpapan untuk memberikan hiburan sekaligus edukasi pada masyarakat dan pemain muda. Akan tetapi, ada satu hal yang juga menjadi misi terselubung di balik kedatangan para legenda Arsenal dan Liverpool yakni memperkenalkan kota Balikpapan ke mata dunia.

"Ini membuktikan kalau Balikpapan merupakan kota yang siap dan layak untuk menggelar laga-laga besar internasional. Balikpapan cukup percaya diri menyelenggarakan pertandingan ini karena memiliki stadion yang representatif bertaraf internasional,"  ujar Yasser Arafat selaku perwakilan promotor.

"Balikpapan Masters Cup 2017 pastinya akan menjadi momentum untuk memperkenalkan Kota Balikpapan di kancah internasional," sambung pria yang juga menjabat sebagai Ketua Kadin Balikpapan itu.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Dini Putri selaku pihak  RCTI sebagai televisi yang akan menayangkan gelaran Balikpapan Master Cup 2017. Menurutnya dengan laga yang berlangsung di Balikpapan, menunjukkan kalau pertandingan sepakbola kelas dunia pun bisa dilakukan di luar kota-kota besar di Pulau Jawa. 

"Biasanya, selama ini kalau laga internasional orang selalu berorientasi pada Stadion GBK (Gelora Bung Karno) atau yang berada di kota besar lainnya. Namun, dengan diadakan di Balikpapan ini membuktikan kalau stadion di sana juga sangat bagus," tutur Dini Putri.

© Teddy Rumengan/INDOSPORT
Pres Konferensi Pers Balikpapan Master Cup. Copyright: Teddy Rumengan/INDOSPORTPres Konferensi Pers Balikpapan Master Cup.

"Selain masyarakat bisa menikmati sepakbola, para pemain juga akan berbagi pengalaman," sambungnya.

Selama berada di Balikpapan, para legenda Arsenal dan Liverpool diagendakan melakukan berbagai kegiatan seperti meet and greet, coaching clinic, dan sebagainya selama empat hari. Kedatangan mantan pesepakbola dunia itu pun disambut antusias oleh eks kapten Timnas Indonesia, Bima Sakti.

"Iya kita berharap dengan kedatangan para legenda ini bisa menularkan ilmunya pada pemain muda kita terutama di Balikpapan nanti. Saya tentu sangat senang dipecaya untuk mengikuti pertandingan nanti," tutup Bima Sakti yang juga merupakan mantan pesepakbola asli Balikpapan.

Pada Balikpapan Masters Cup 2017 nanti, pertandingan yang digelar akan menggunakan sistem trofeo atau setiap tim saling melawan dengan durasi 45 menit tiap laga. Setiap tim kabarnya akan memiliki 16 pemain baik dari Liverpool, Arsenal, maupun Timnas Indonesia.

© DAILYMAIL
Caption Copyright: DAILYMAILLiverpool Legend bakal turun di ajang Balikpapan Masters 2017.

Arsenal Legend yang akan tampil diantaranya adalah Lauren, Mikael Silvestre, Gilberto Silva, Robert Pires, dan lainnnya. Sementara itu untuk Liverpool Legend akan diisi oleh David James, John-Arne Riise, Luis Garcia, Steven McManaman, Emile Heskey, hingga Robbie Fowler.

Sedangkan untuk Timnas Indonesia legend akan dihuni oleh nama-nama familiar seperti Bima Sakti, Kurniawan Dwi Yulianto, Gendut Doni, Rocky Putiray, Maman Abduhrahman, Firman Utina, Charis Yulianto, Elly Eboy, Budi Sudarsono, dan masih banyak lainnya.

© Istimewa
Kurniawan Dwi Yulianto. Copyright: IstimewaKurniawan Dwi Yulianto.

Adapun harga tiket untuk laga Balikpapan Master Cup 2017 dipatok mulai dari 300 ribu rupiah untuk tribun bagian atas di utara dan selatan, kemudian Rp500 ribu untuk tribun atas barat dan timur, VIP utara dan selatan Rp750 ribu dan VVIP timur dan barat senilai Rp1,5 juta.

Pembelian tiket juga dapat diakses melalui website www.balikpapanmasterscup.com atau melalui gerai penjualan di Balikpapan, salah satunya di Gedung Biru Kaltim Post Group di jalan Soekarno-Hatta Km 3.5.

928