Petojo ke Taman BMW: Persija Butuh Stadion, Pak Anies!

Selasa, 24 Oktober 2017 18:02 WIB
Penulis: Prio Hari Kristanto | Editor: Galih Prasetyo
© Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Aksi Koreografi Suporter Persija Jakarta, The Jakmania pada laga melawan Persela Lamongan. Copyright: © Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Aksi Koreografi Suporter Persija Jakarta, The Jakmania pada laga melawan Persela Lamongan.

Sejak masa kampanye, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, bolak-balik menjanjikan sebuah stadion megah selevel Old Trafford atau Allianz Arena untuk Persija.

Kini setelah terpilih, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno kembali menegaskan komitmen terhadap janjinya untuk mewujudkan pembangunan stadion di Jakarta yang bisa digunakan Persija.

Lima hari terpilih, Sandiaga Uno sudah kembali menyatakan pembangun stadion adalah salah satu dari 23 program rencana kerja bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Seperti yang kita ketahui, stadion merupakan sebuah identitas penting bagi sebuah klub sepakbola selain juga suporter. Banyak klub sepakbola dunia yang memiliki stadion megah nan ikonik yang menjadi kebanggan maupun sarana menggetarkan nyali lawan.

Namun, bagaimana apabila sebuah tim, apalagi yang dilabeli tim raksasa seperti Persija dengan suporternya yang ikonik, tidak memiliki stadion yang bisa dibanggakan dan bahkan kerap berpindah kandang? Tentunya hal itu sangat memilukan.

Sejak Stadion Menteng dan Stadion Lebak Bulus dirubuhkan, tim berlabel legendaris dan berasal dari ibukota ini kerap berpindah-pindah kandang, dimulai dari tahun 2006.

Ironisnya, sebagian besar stadion yang digunakan berada di luar Jakarta seperti Solo, Madura, sampai yang digunakan saat ini di gelaran Gojek Traveloka Liga 1, yaitu stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Persija pun dijuluki sebagai tim musafir alias tim yang berpindah-pindah kandang. 

200