Lisensi AFC Jegal Langkah Sang Juara ke Liga Champions

Jumat, 27 Oktober 2017 15:05 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© the-afc.com
Asian Football Confederation (AFC). Copyright: © the-afc.com
Asian Football Confederation (AFC).

Arema FC dan Persib Bandung menjadi dua klub Indonesia yang lolos verifikasi klub profesional AFC dan berhak untuk berkiprah di kompetisi internasional level Asia. Sebelumnya, PSSI memang sempat gencar meminta klub-klub, terutama yang berlaga di Liga 1 agar segera memenuhi syarat agar mendapat lisensi klub professional dari AFC.

AFC sendiri sudah menetapkan lima aspek penilaian yang harus dipenuhi standarnya oleh klub untuk mendapatkan lisensi, agar klub Liga 1 yang akan mewakili Indonesia bisa berkiprah di kompetisi level Asia musim depan.

Kelima aspek tersebut, yakni adalah legalitas, finansial, infrastruktur, sumber daya manusia dan administrasi, serta sporting (pembinaan usia dini). 

© the-afc.com
Asian Football Confederation (AFC). Copyright: the-afc.comAsian Football Confederation (AFC).

Meski begitu, PSSI tak secara detail mengungkapkan mengapa klub-klub lain yang telah menyerahkan persyaratan untuk mendapatkan lisensi tak lolos.

Setelah Persib dan Arema, kini ada tiga klub lain, yakni Bali United, Madura United, dan Persija Jakarta, yang masih menanti keputudsan verifikasi setelah kembali menyerahkan syarat kelengkapan.

Berikut INDOSPORT merangkum beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin mendapatkan lisensi klub profesional berikut pihak-pihak yang berhak menilai sebuah klub mendapat lisensi atau tidak.

638