Peluang Persija Lolos ke Kompetisi Asia Besar, Teco Senang Bukan Kepalang

Sabtu, 28 Oktober 2017 12:00 WIB
Penulis: Muhammad Adiyaksa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco (angkat tangan kanan) memberi instruksi kepada pemainnya. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco (angkat tangan kanan) memberi instruksi kepada pemainnya.

Persija Jakarta menjadi salah satu dari lima tim yang lolos dari verifikasi Komite Lisensi Klub PSSI. Kesebelasan lainnya adalah Arema FC, Persib Bandung, Bali United, dan Madura United.

Oleh sebab itu, tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut berpeluang bermain di kompetisi Asia pada tahun depan meskipun gagal finis di posisi tiga besar. Sebab dari lima klub teratas di papan klasemen sementara Gojek Traveloka Liga 1, hanya Bali United dan Madura United yang memiliki lisensi seperti Persija.

Adapun pasukan Stefano Cugurra Teco kini bercokol di peringkat keenam dengan 52 poin. Kompetisi yang tinggal menyisakan tiga partai lagi memperkuat Persija tampil di turnamen antar-klub Asia pada tahun depan.

“Lisensi ini seperti bonus untuk Persija. Kalau kami bisa bertahan di posisi kelima atau enam, tahun depan bisa main di AFC. Saya pikir ini bonus besar. Bonus besar tak hanya untuk tim tapi juga suporter Jakmania,” kata Teco.

“Kami semua pasti ingin bermain di kasta tertinggi. Persija tahun ini punya 52 poin. Kami punya target bisa menang atau dua menang dan satu seri. Dengan begitu, kami bisa selesai dengan 61 atau 59 poin. Hasil seperti ini bagus dan buat saya puas. Kenapa? Karena lebih baik dari tahun sebelumnya,” ujarnya menambahkan.

© Muhammad Adiyaksa/INDOSPORT
Stefano Cugurra Teco Copyright: Muhammad Adiyaksa/INDOSPORTStefano Cugurra Teco.

Indonesia mendapatkan jatah tiga tim untuk tampil di kejuaraan Asia setelah kompetisi Liga 1 selesai. Satu untuk Kualifikasi Liga Champions Asia (LCA), dan dua lainnya melangkah ke Piala AFC atau satu level di bawah LCA.

Tim seperti Bhayangkara FC yang saat ini menempati peringkat pertama, PSM Makassar (2), dan Persipura Jayapura (4) tidak berhasil lolos dari verifikasi Komite Lisensi Klub PSSI. Mereka memiliki waktu untuk mengajukan banding hingga Sabtu (28/10/17).

906