Eks Pemain Persib Jadi Pembelian Tergagal di Asia Versi Media Asing

Selasa, 31 Oktober 2017 20:51 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Rizky Pratama Putra
© persib.co.id
Carlton Cole, Raphael Maitimo, dan Michael Essien dalam sesi latihan Persib Bandung. Copyright: © persib.co.id
Carlton Cole, Raphael Maitimo, dan Michael Essien dalam sesi latihan Persib Bandung.

Mantan striker West Ham United, Carlton Cole, berada di peringkat pertama dalam daftar transfer flops atau pembelian gagal di Asia menurut media Fox Sport Asia.

Seperti diketahui, Carlton Cole direkrut Persib Bandung pada Maret 2017 lalu. Pemain yang sempat diisukan ke Crystal Palace itu digadang-gadang bakal menjadi striker tersubur di Liga 1 Indonesia.

Namun peforma pemain 34 tahun di Indonesia jauh dari ekspetasi. Selama berseragam Persib Bandung, Carlton Cole, tidak banyak mendapat kesempatan bermain. 

Dari 17 pertandingan di putaran pertama, pemain yang pernah memperkuat Chelsea itu hanya tampil dalam lima kesempatan, namun tak mampu mencetak satu gol pun. Peforma kurang mengesankan itu yang membuat manajemen Maung Bandung akhirnya memutus kontraknya.

© TIMUR MATAHARI/AFP/Getty Images
Carlton Cole (Persib Bandung) Copyright: TIMUR MATAHARI/AFP/Getty ImagesCarlton Cole (Persib Bandung)

Dalam artikelnya, Fox Sports Asia menuliskan, Carlton Cole bukanlah striker yang paling produktif meski ia kerap tampil oke saat masih bersama Chelsea dan West Ham United. Namun, harapan publik yang begitu besar padanya, tak diimbangi dengan penampilannya saat di Persib.

" Carlton Cole pernah menjadi penyerang di Chelsea dan West Ham United. Dia juga memiliki tujuh penampilan bersama Timnas Inggris," tulis Fox Sports Asia.

" Jangan lupa, Persib merupakan klub terbesar di Indonesia. Selain Michael Essien,  Cole juga mendapat banyak dukungan dari pemain Timnas Indonesia yang berada di Persib," lanjut Fox Sports Asia.

"Hanya dalam beberapa bulan, Cole didepak, dan ajaibnya, dia sekarang ini dikabarkan dipertimbangkan Crystal Palace sebagai jawaban atas mandulnya lini depan klub peserta Liga Primer Inggris itu," imbuh media berbasisi di Amerika Serikat itu.

© INDOSPORT
Carlos Tevez, melayangkan kritikan untuk pemilik Shanghai Shenhua. Copyright: INDOSPORTCarlos Tevez, melayangkan kritikan untuk pemilik Shanghai Shenhua.

Tak hanya Carlton Cole, mantan bintang Manchester City dan Manchester United Carlos Tevez juga masuk daftar pembelian gagal klub di Asia. Tevez direkrut Shanghai Shenhua pada tahun 2013 dari Boca Juniors. Di Shanghai, Tevez bergaji 615.000 pounds atau setara Rp 10 miliar per minggu. 

Alih-alih bersinar, Tevez justru menjadi olok-olokan oleh fans klubnya sendiri. Bagaimana tidak, Tevez baru mampu mencetak tiga gol dari 13 penampilan. 

Berikut ini adalah daftar lengkap transfer flops versi Fox Sport Asia

1. Carlton Cole ( Persib Bandung)

2. Carlos Tevez (Shanghai Shenhua)

3. El Hadji Diouf (Sabah FA)

4. Jermaine Pennant (Tampines Rovers)

5. Caleb Folan (T-Team)

6. Nicolas Anelka (Shanghai Shenhua)

7. Lucas Barrios (Guangzhou Evergrande)

8. Jay Simpson (Buriram United)

9. Ivan Bosnjak (Brunei DPMM)

10. Pablo Aimar (Johor Darul Ta’zim)

11. Lucas Neill (Al Jazira, Al Wasi, Omiya Ardija)

12. Marius Niculae (Shandong Luneng)

13. Gael Kakuta (Hebei China Fortune)

14. Mike Hanke (Guizhou Renhe)

15. Georgios Samaras (Al Hilal)

16. Diego Forlan (Cerezo Osaka)

17. Alessandro Diamanti (Guangzhou Evergrande)

18. Kazuyuki Toda (Warriors FC)

19. Jay Bothroyd (Muangthong United)

20. Craig Fagan (Brunei DPMM)

562